Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Minggu (8/10), mulai Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim gencar vaksinasi hewan terbebas penyakit zoonosis, hingga Pemkot Samarinda salurkan 5.000 vaksin rabies gratis.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Waspada zoonosis
 
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim melakukan vaksinasi rutin agar masyarakat terbebas dari penyakit zoonosis.
 
"Kami mengingatkan masyarakat agar mewaspadai penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya," jelas Kepala Dinkes Kaltim Jaya Mualimin di Samarinda, Minggu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Water boom Pulau Kumala
 
Pembangunan fasilitas rekreasi water boom di destinasi wisata Pulau Kumala, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, sudah tercapai 30 persen sehingga diyakini tuntas sesuai target, yakni akhir tahun ini.
 
"Fasilitas water boom yang digarap sekarang merupakan wahana untuk anak-anak, sedangkan water boom untuk orang dewasa akan dibangun tahun depan," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Slamet Hadiraharjo di Tenggarong, Minggu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Identifikasi 317 titik panas
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan identifikasi 317 titik panas yang tersebar pada tujuh kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
 
"Ke-317 titik panas tersebut terpantau sepanjang Sabtu (7/10) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan BMKG Stasiun Balikpapan, Diyan Novrida, di Balikpapan, Minggu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Minta Kemendag benahi pasar rakyat
 
Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur meminta Kementerian Perdagangan membantu pembenahan dan penataan pasar rakyat untuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.
 
Pembenahan dan penataan pasar rakyat, jelas Kepala Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara Saidin di Penajam, Minggu, didasarkan atas kebutuhan atau kepentingan masyarakat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Siapkan 5.000 vaksi rabies gratis
 
Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, menyiapkan 5.000 dosis vaksin rabies gratis kepada masyarakat Kota Samarinda yang ingin memvaksin hewan peliharaannya.
 
Sekda Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan menekankan pentingnya mengatasi wabah zoonosis, seperti penyakit rabies yang masih ada di Kota Samarinda.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023