Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Sabtu (7/10), mulai Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) meninjau kegiatan percepatan rehabilitasi mangrove Kaltim, hingga Pemerintah Penajam kerahkan mobil tangki pasok air di wilayah kekeringan.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Rehabilitasi mangrove
 
Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) meninjau kegiatan percepatan rehabilitasi mangrove dengan tujuan menyejahterakan masyarakat Kalimantan Timur.
 
"Kami tidak hanya ingin memulihkan lingkungan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir yang bergantung pada ekosistem mangrove," ujar Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Samarinda, Sabtu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. NasDem Kaltim target 9 kursi DPRD
 
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Kalimantan Timur (Kaltim) menargetkan sembilan kursi DPRD Kaltim pada Pemilu 2024 lewat pembekalan kepada bakal calon legislatif di Samarinda, Sabtu.
 
"Kami optimis capai target tersebut dengan kerja keras dan strategi yang tepat," ujar Sekretaris DPW Partai NasDem Kaltim Fatimah Asyari dalam acara orientasi bacaleg yang dirangkai dengan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) bersama seluruh unsur pimpinan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem se-Kaltim.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Pokdarwis bangkitkan pariwisata
 
Sebanyak 52 kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, potensial membangkitkan pariwisata di masing-masing destinasi, karena para anggotanya sudah terlatih dan lembaganya memiliki legalitas.
 
"Untuk itu kami ingin membangkitkan pariwisata di Kabupaten Kukar kembali melalui pokdarwis, karena mereka memang memiliki keterampilan sehingga harus kami rangkul," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar Slamet Hadi Raharjo di Tenggarong, Sabtu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Tangki untuk pasok air kekeringan
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, mengerahkan mobil tangki untuk memberikan pasokan air bersih kepada warga di daerah berjuluk Benuo Taka itu yang mengalami krisis air karena kekeringan akibat kemarau panjang.
 
"Kami siapkan mobil tangki untuk pasok air kepada warga yang mengalami krisis air bersih," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara Budi Santoso di Penajam, Sabtu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Siapkan 3,2 juta ton beras
 
Perusahaan Umum (Perum) Bulog Cabang Samarinda, Kalimantan Timur telah menyalurkan beras medium sebanyak 3,2 juta ton kepada mitra dagang sejak Januari hingga 5 Oktober 2023, untuk menjaga inflasi tetap terkendali.
 
"Sejak Januari kami telah menyalurkan beras dari program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) berupa beras medium untuk menstabilkan harga beras di tingkat pasar," kata Kepala Perum Bulog Cabang Samarinda Maradona Singal, di Samarinda, Sabtu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023