Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Jumat (6/10), mulai BPBD Kaltim mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) akibat asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), hingga Dinkes Kesehatan Kaltim mempertajam implementasi Peraturan Gubernur (Pergub) tentang rumah sakit umum daerah (RSUD).
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Ingatkan waspada ISPA
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Tianur mengingatkan masyarakat Kaltim untuk waspada terhadap potensi penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) akibat asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menyelimuti sebagian wilayah di provinsi tersebut.
 
"Kami turut prihatin terhadap maraknya Karhutla yang ada di wilayah Kaltim. Karena itu, kami memperingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyakit-penyakit yang bisa terjadi akibat asap, di antaranya ISPA, iritasi mata, dan alergi kulit," kata Agus di Samarinda, Jumat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Implementasi Pergub RSUD
 
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim) Jaya Mualimin mengatakan pihaknya mempertajam pengimplementasian Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 22 Tahun 2023 terkait penyelenggaraan pemerintahan di bidang kesehatan.
 
"Pergub ini sudah lama ditunggu dan dirancang terkait pengelolaan pemerintahan di bidang kesehatan. Dengan adanya tata kelola kelembagaan rumah sakit umum daerah (RSUD) di beberapa pasal menjadi lingkup Dinkes," kata Jaya Mualimin di Samarinda, Jumat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Musnahkan barang bukti rampasan
 
Sebanyak 407 barang bukti dan barang rampasan dari 144 perkara yang telah dinyatakan berkekuatan hukum tetap sepanjang 2023 dimusnahkan Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.
 
Pemusnahan barang bukti dan barang rampasan, jelas jelas Kepala Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara Agus Chandra di Penajam, Jumat, merupakan salah satu tugas jaksa dalam melaksanakan putusan pengadilan.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Penerbangan 211.254 penumpang domestik
 
Sejumlah bandara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menerbangkan 211.254 penumpang domestik pada Agustus 2023, atau terjadi penurunan 6,83 persen ketimbang bulan sebelumnya yang sebanyak 226.738 penumpang.
 
“Penurunan terjadi karena adanya penurunan jumlah penumpang pada tiga bandara yang merupakan jalur utama penerbangan dari Kaltim ke sejumlah daerah," ujar Ketua Tim Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim Marinda Dama Prianto di Samarinda, Jumat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Nilai tukar petani tergolong makmur
 
Nilai tukar petani (NTP) di Kalimantan Timur pada September 2023 naik 2,25 persen dibanding nilai pada Agustus 2023 menjadi 128,79 dari 125,95.
 
"NTP juga menunjukkan daya tukar dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi," Ketua Tim Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim Marinda Dama Prianto di Samarinda, Rabu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023