Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Kamis (5/10), mulai Tim Penilai Lomba Posyandu Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terkesan dengan 13 inovasi yang dipaparkan Posyandu Melati Putih di Desa Janju, hingga Dinas Kesehatan Kaltim ingatkan warga waspadai penyakit leptospirosis.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Posyandu inovatif
 
Tim Penilai Lomba Posyandu Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terkesan dengan 13 inovasi yang dipaparkan Posyandu Melati Putih di Desa Janju, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, terutama pemanfaatan bahan pangan lokal untuk mencegah stunting.
 
"Salah satu inovasi penuh gizi dan sudah kami nikmati tadi adalah es krim dari daun kelor. Es krim ini sangat nikmat dan pasti disukai anak-anak," ujar Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim Roslindawaty di Tanah Grogot, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Target 2025 PTSL di Kaltim-Kaltara lengkap
 
Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kalimantan Timur menargetkan seluruh bidang tanah di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara telah terdaftar secara lengkap pada tahun 2025.
 
“Hingga tahun 2023 telah ada 1,63 juta bidang tanah yang terdaftar di wilayah Kaltim dan Kaltara melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),” kata Kepala Kanwil ATR/BPN Kaltim, Asnaedi di Samarinda, Kamis (5/10).
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. BLT DD Rp92,13 miliar
 
Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sampai Rabu, 4 Oktober 2023 dari semua pemerintah desa ke masyarakat penerima manfaat yang tersebar pada tujuh kabupaten, sudah tersalurkan Rp92,13 miliar atau sebesar 68,84 persen.
 
"Dari total BLT sebesar Rp133,84 miliar tahun ini, kami bersyukur sudah tersalurkan senilai Rp92,13 miliar," ujar Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim, Aswanda di Samarinda, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Wisata potensial IKN
 
Direktur Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Muhsin Palinrugi mengungkapkan Provinsi Kalimantan Timur memiliki beberapa destinasi wisata yang dapat dikembangkan untuk mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
"Di IKN, bicara pariwisata yang ada di kawasan pengembangan ini baru ada sekitar lima atau empat destinasi wisata yang potensial kita kembangkan," ujar Muhsin saat ditemui di Titik Nol Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, baru-baru ini.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Waspada leptospirosis
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Jaya Mualimin mengingatkan kepada warga untuk mewaspadai penyakit leptospirosis yang disebabkan oleh kuman leptospira interrogans dari kencing tikus, meski saat ini pihaknya tengah menangani kasus tersebut.
 
"Hingga saat ini hanya ada satu orang yang dilaporkan mengidap leptospirosis dari Kutai Barat dan sudah sembuh. Sementara itu, tidak ada pasien yang dirawat akibat leptospirosis di Bontang, namun di sana ditemukan tikus yang positif bisa menularkan leptospirosis," kata Jaya Mualimin di Samarinda, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023