Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Selasa (3/10), mulai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim telah melalui tahap pencermatan daftar caleg tetap (DCT), hingga empat partai politik di Paser melakukan pergantian bakal calon legislatif (bacaleg).
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Pencermatan DCT
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur masih menunggu 14 partai politik (parpol) peserta pemilu 2024 untuk menyerahkan hasil pencermatan daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota.
 
"Kami harap mereka segera menyelesaikan prosesnya agar tidak mengganggu tahapan selanjutnya," kata Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Kaltim Suardi di Samarinda, Selasa.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Ganti bacaleg
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kabupaten Paser mencatat empat partai politik peserta pemilu mengganti bakal calon anggota legislatif menjelang akhir tahapan pencermatan rancangan daftar calon tetap (DCT).
 
"Hingga berakhir batas waktu masa pencermatan rancangan DCT, terdapat empat partai politik yang mengganti bakal calon legislatif, diantaranya PDIP, PPP, Perindo dan PAN," kata Ketua KPU Paser, Abdul Qoyyim Rasyid, di Tanah Grogot, Selasa (3/10).
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Upaya pakan mandiri
 
Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong pelaku usaha perikanan budidaya untuk membuat pakan ikan mandiri guna mengurangi ketergantungan pada pakan impor yang harganya mahal.
 
"Kami telah melakukan kerjasama dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar (BP2BAT) Samarinda dan Universitas Mulawarman (Unmul) untuk memberikan bantuan dan pelatihan terkait pembuatan pakan ikan mandiri," kata Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Penguatan Daya Saing Produk Perikanan DKP Kaltim Irma Listiawati di Samarinda, Selasa.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Kota ramah disabilitas
 
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda berkomitmen untuk menyediakan fasilitas bagi masyarakat penyandang disabilitas dan wisatawan di Kota Tepian. 
 
"Kami telah melakukan penertiban terhadap kendaraan yang parkir sembarangan di trotoar, khususnya yang mengganggu fasilitas disabilitas," ujar Kepala Dishub Samarinda Hotmarulitua Manalu di Samarinda, Selasa.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Investasi perumahan karena IKN
 
Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia yang dibangun pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yakni di Kecamatan Sepaku mendongkrak pertumbuhan investasi pengembang perumahan di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Penajam Paser Utara, Hadi Saputro di Penajam, Selasa, memastikan investasi pengembang perumahan (properti)!tumbuh positif setelah adanya kepastian pemindahan ibu kota negara Indonesia.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023