Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Senin (2/10), mulai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Akmal Malik menjadi Penjabat Gubernur Kaltim, hingga Pemprov ganti rugi lahan warga di Jalan Ring Road II (Jalan Nusyirwan Ismail).
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Pelantikan pj gubernur
 
Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian melantik Akmal Malik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) di Gedung Sasana Bhakti Praja Jakarta, Senin.(2/10).
 
"Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan taufik-Nya yang memungkinkan pelantikan ini berlangsung," ucap Tito melalui siaran live streaming Kemendagri yang disaksikan di Samarinda.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Cegah perundungan
 
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menegaskan perbuatan bullying di sekolah adalah sesuatu yang berbahaya dan harus dicegah. Hal itu dikemukakannya berkaitan dengan kasus bullying siswa sekolah yang terjadi di Cilacap dan Balikpapan yang lagi viral di media sosial.
 
“Jadi bullying bukan sesuatu yang biasa, jangan sampai ada tindakan kekerasan sesama teman di lingkungan sekolah,” ujar Hetifah saat dihubungi di Samarinda, Senin.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Pesan Mendagri untuk Akmal Malik
 
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik harus berkolaborasi dengan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) selain memastikan pemerintahan daerah tetap berjalan tanpa kekosongan.
 
Mendagri di Jakarta, Senin, melantik Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Kaltim bersama dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Ahmad Fatoni sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Hari batik nasional
 
Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ujang Rachmad menegaskan batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat berharga dan sudah menjadi identitas bangsa ini.
 
“Hari ini kita memperingati Hari Batik Nasional, dan hari batik bisa diterjemahkan sebagai hari keragaman, karena dari Sabang sampai Merauke, kita memiliki corak batik masing-masing,” kata Ujang Rachmad saat memimpin apel Peringatan Hari Batik Nasional tahun 2023 lingkup Setda Provinsi Kaltim, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Ganti rugi lahan ring road
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya membayarkan ganti rugi lahan warga Kota Samarinda yang dijadikan sebagai jalan provinsi, tepatnya Jalan Nursyiwan Ismail di kawasan Ring Road II Samarinda.
 
Kepala Dinas PUPR dan Pera Provinsi Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda, menjelaskan pihaknya telah mengalokasikan anggaran pada APBD 2023 sebesar Rp99 miliar, ditambah pada APBD Perubahan 2023 sebesar Rp23 miliar.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023