Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah itu agar dapat dilibatkan dalam proyek pembangunan Kota Nusantara, ibu kota masa depan Indonesia.
 
"Warga atau tenaga kerja lokal harus terlibat dalam proyek pembangunan Kota Nusantara yang semakin padat," ujar Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di Penajam, Rabu.
 
Semakin padat proyek pembangunan Kota Nusantara tersebut, lanjut dia,.membuka kesempatan kerja yang luas bagi warga lokal, khususnya masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Sehingga SDM Kabupaten Penajam Paser Utara jangan hanya jadi penonton dalam pembangunan Kota Nusantara pada sebagian wilayah di daerah berjuluk Benuo Taka itu, yakni di Kecamatan Sepaku.
 
"Sumber daya manusia lokal harus dipersiapkan agar dapat ikut dalam pengerjaan pembangunan Kota Nusantara, tidak hanya menjadi penonton," tegasnya.

Baca juga: Investasi di Penajam tumbuh positif karena IKN Nusantara
 
Pemerintah kabupaten kerja sama dengan Otorita IKN mempersiapkan SDM lokal, tambah dia, mempersiapkan SDM lokal harus lebih menyeluruh di segala bidang.
 
Kerja sama yang dilakukan memberikan pelatihan kepada SDM lokal sesuai kompetensi yang diperlukan atau dibutuhkan dalam pembangunan Kota Nusantara.
 
Pelatihan sudah mulai berjalan, dan yang diberikan kepada SDM di Kabupaten Penajam Paser Utara bersifat dasar atau sesuai kebutuhan Kota Nusantara pada saat ini dan ke depan.
 
"Pemerintah kabupaten bersama Otorita IKN menyiapkan SDM lokal, pertama pelatihan dasar dulu karena pembangunan Kota Nusantara akan panjang prosesnya," katanya.

Baca juga: Penajam larang pejabat di Sepaku rekomendasikan pembangunan di IKN
 
Berbagai peluang kerja semakin banyak di Kota Nusantara, seiring semakin banyak proyek pembangunan ibu kota negara baru Indonesia itu.
 
Saat ini ada proyek pembangunan rumah sakit, hotel hingga pusat pelatihan untuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Kota Nusantara, dan diharapkan pekerja dari Kabupaten Penajam Paser Utara dilibatkan pada pembangunan, demikian Makmur Marbun.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023