Ratusan warga di wilayah Kerok Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yang bermukim.di daerah pesisir bisa menikmati air bersih setelah pemasangan jaringan distribusi air bersih di daerah itu rampung 100 persen.
 
Kemajuan pengerjaan pemasangan jaringan distribusi air bersih di wilayah Kerok, menurut Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rasyid di Penajam, Sabtu, sudah mencapai sekitar 70 persen.
 
"Kami targetkan pemasangan jaringan distribusi air bersih di wilayah Kerok selesai 100 persen pada akhir September 2023," tambahnya.
 
Kendati pemasangan jaringan distribusi air bersih tersebut belum rampung 100 persen, sebagian warga di wilayah Kerok telah bisa menikmati layanan bersih dari Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Pemasangan jaringan distribusi air bersih itu berasal dari dana hibah Pemerintah Australia, diprioritaskan warga yang bermukim di daerah pesisir mendapat layanan air bersih.
 
Warga di wilayah Kerok yang bermukim di daerah pesisir Kecamatan Penajam selama ini belum mendapatkan saluran air bersih dari Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Dana hibah dari Pemerintah Australia sekira Rp1,015 miliar, jelas dia, untuk pemasangan pipa jaringan distribusi air bersih sepanjang satu kilometer dan 100 sambungan rumah baru di wilayah Kerok, serta membeli mesin pompa air.
 
Sebanyak 100 sambungan rumah air bersih di wilayah Kerok dipastikan terpasang pada bulan ini (September 2023), lanjut dia, dan pada bulan depan (Oktober 2023) warga di wilayah Kerok dapat menikmati air bersih.
 
Namun demikian, warga di wilayah Kerok mendapatkan penyaluran air bersih secara bergilir karena kapasitas pipa distribusi hanya 5.000 sambungan rumah, tetapi kini sudah melayani 9.000 sambungan rumah.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga berencana membangun pipa jaringan air bersih untuk memperluas layanan air bersih di wilayah Kecamatan Waru dan Kecamatan Babulu pada 2024.
 
"Jaringan pipa distribusi air bersih di wilayah Kecamatan Waru akan disambungkan dengan jaringan pipa air bersih di wilayah Kecamatan Penajam", demikian Abdul Rasyid.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023