Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Minggu (17/9), mulai dari Pemerintah Kota Balikpapan menertibkan SPBU mini, hingga tim SAR Samarinda menemukan seorang anak buah kapal (ABK) yang tenggelam di Sungai Mahakam dalam keadaan meninggal dunia.

Berikut rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Penertiban SPBU mini

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan bersama aparat TNI-Polri dan instansi terkait lainnya menertibkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mini atau pompa mini penjualan bensin yang beroperasi di wilayah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

”Dalam sepekan ini kami sudah lakukan penertiban (pompa mini) mulai dari Kecamatan Balikpapan Tengah dan Balikpapan Kota dulu, baru nanti ke kecamatan lain,” kata Wakil Kepala Satpol PP Balikpapan Izmir Novian Hakim, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Skenario pindah ibu kota negara baru

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menyiapkan skenario rencana pindah ke ibu kota negara baru di Kalimantan Timur, setelah adanya tim yang berkunjung langsung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) meninjau proses pembangunan pada persil parlemen.

"Kunjungan ini merupakan acuan bagi Setjen DPR RI untuk menyiapkan skenario terkait perpindahan ke IKN, koordinasi dengan pihak terkait, termasuk meninjau persil Gedung DPR di IKN," ujar Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dalam rilis Tim Komunikasi Otorita IKN di Samarinda, Minggu.
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Listrik masuk desa

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) berkomitmen menuntaskan Program Listrik Masuk Desa hingga wilayah pelosok dan pedalaman, dengan membangun infrastruktur jaringan listrik, khususnya di desa yang belum terjamah jaringan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Kami targetkan pada akhir tahun 2023 ini Pemprov Kaltim bekerja sama dengan PLN menuntaskan 32 desa tersambung listrik," kata Gubernur Kaltim Isran Noor di Samarinda, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Stiumulan internet desa

Tiga desa di Kabupaten Mahakam Ulu yakni desa Ujoh Bilang, Long Bagun Ilir dan Long Bagun Ulu mendapatkan bantuan sambungan internet dari Pemerintah Provinsi Kaltim melalui bantuan stimulan internet desa tahun anggaran 2023.

Penyerahan bantuan internet desa tersebut secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mahulu Markus Wan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. ABK ditemukan meninggal dunia di Sungai Mahakam

Tim SAR Gabungan Kota Samarinda, Kalimantan Timur, dalam pencarian hari ketiga, Minggu, berhasil menemukan dan mengevakuasi anak buah kapal (ABK) tongkang dalam keadaan meninggal, setelah jatuh ke Sungai Mahakam.

"Dalam pencarian hari ketiga ini Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban atas nama Ramadhani Tri (20) dalam keadaan meninggal dunia," kata Kepala Basarnas Provinsi Kaltim Melkianus Kotta dalam keterangan tertulis di Samarinda, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023