Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya 102 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan telah diinformasikan ke pihak terkait untuk dilakukan penanganan.

"Sebanyak 102 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 16.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan Balikpapan, Diyan Novrida di Balikpapan, Senin.

Ia menjelaskan titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

Untuk itu ia mengajak semua lapisan masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti saling mengingatkan agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi karhutla.

Disampaikannya lagi bahwa sebaran titik panas ini telah diinformasikan ke pihak terkait di wilayah kerja masing-masing, termasuk ke badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten terkait untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

"Sebanyak 102 titik panas ini tersebar pada enam kabupaten yakni di Paser Paser 4 titik, Penajam Paser Utara 1, Kutai Barat 23, Kutai Timur 36, Kutai Kartanegara 13, dan Kabupaten Berau terdeteksi 25 titik," katanya.

Rinciannya antara lain di Kabupaten l Kutai Barat yang terdeteksi 23 titik panas, tersebar pada dua kecamatan, yakni Jempang 21 titik dan Kecamatan Bongan 2 Titik, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kutai Kartanegara yang terpantau 13 titik, tersebar pada tiga kecamatan yakni Marang Kayu 1, Sanga-Sanga 3, dan selebihnya yang sebanyak 9 titik berada di Kecamatan Muara Kaman, dengan semua memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Kabupaten Berau yang terpantau 25 titik panas, tersebar pada empat kecamatan yakni Kelay 4, Pulau Derawan 13, Sambaliung 5, dan Kecamatan Segah 2 titik. Semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," demikian Diyan Novrida.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: 102 titik panas terdeteksi di Kaltim

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023