Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Minggu (3/9), mulai dari Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) berkomitmen mempertahankan kearifan adat lokal, hingga Dinas PUPR dan Perumahan Rakyat Kaltim tanggapi perbaikan infrastruktur jalan desa.

Berikut rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Kerarifan adat di IKN

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan pentingnya mempertahankan kearifan lokal adat istiadat di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Pada prinsipnya warga adat Balik dan Paser di Sepaku adalah warga saya dan kepentingannya juga kepentingan saya. Jika warga tidak mau banjir maka saya pun tidak ingin itu terjadi. Yang terpenting bisa tidak, kita tetap mempertahankan kearifan lokal, adat istiadat. Itu sekarang coba kita lakukan tentu butuh bantuan dari seluruh masyarakat adat,” ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Simulasi penanggulangan kebakaran tangki Pertamina

PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Samarinda menggelar simulasi penanggulangan keadaan darurat (PKD) level 1 di area tangki yang berisi bahan bakar minyak (BBM).
 
"Simulasi ini melibatkan sekitar 200 orang, termasuk warga sekitar, petugas pemadam kebakaran, polisi, dan pihak rumah sakit," kata Manager Terminal BBM Samarinda Erik Imam Kasmianto di Samarinda, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Penajam padamkan tiga titik karhutla

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur bersama para pihak terkait berhasil memadamkan tiga kali kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada titik dan lokasi berbeda sejak Sabtu(2/9) siang dengan tingkat kesulitan tinggi karena sulitnya akses air.

"Tiga titik karhutla yang terjadi Sabtu kemarin adalah satu di Desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu. Dua lagi di Kecamatan Penajam, yakni di Kelurahan Petung dan Kelurahan Nenang," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten PPU Budi Santoso di Penajam, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Hunian kamar hotel meningkat

Tingkat penghunian kamar (TPK) pada hotel berbintang di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam empat bulan terus meningkat, dari April tercatat 53,52 persen, Mei 58,12 persen, Juni menjadi 62,38 persen, dan Juli naik lagi menjadi 63,04 persen.

Menurut Statistisi Ahli Madya Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim Marinda Dama Prianto, di Samarinda, Sabtu, terus menguatnya TPK hotel berbintang ini tentu akibat berbagai faktor, antara lain banyaknya kegiatan skala nasional yang digelar di Kaltim, gencarnya promosi pariwisata, dan meningkatnya sektor ekonomi dari sub perhotelan, UMKM dan lainnya.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Usulan perbaikan jalan desa

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Kalimantan Timur Aji Muhammad Fitra Firnanda menanggapi usulan-usulan DPRD Kaltim terkait perbaikan infrastruktur jalan di desa-desa tertinggal.
 
"Usulan tersebut sebagian besar berkaitan dengan jalan kabupaten yang bukan menjadi kewenangan provinsi," kata Nanda di Samarinda, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023