Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, memperluas cakupan layanan air bersih di daerah berjuluk Benuo Taka itu mulai 2024.
 
"Kami sudah rancang program prioritas untuk memperluas cakupan layanan air besih," kata Direktur Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara Abdul Rasyid di Penajam, Senin.
 
Program prioritas tersebut antara lain peningkatan pelayanan air bersih di Kecamatan Babulu dengan melanjutkan pemasangan pipa jaringan distribusi air bersih.
 
Pemasangan lanjutan pipa jaringan distribusi air bersih itu dilakukan menuju Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu.
 
"Jaringan pipa distribusi air bersih yang terpasang di Kecamatan Babulu saat ini baru sampai Desa Gunung Intan dan Desa Babulu Laut," jelasnya.
 
Sekitar 500 masyarakat Kecamatan Babulu masuk dalam daftar tunggu Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara untuk pemasangan sambungan rumah baru.
 
Pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih di wilayah Kecamatan Babulu sempat tertuda karena terkendala ketersediaan anggaran.
 
Namun, Abdul Rasyid mengatakan pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih di wilayah Kecamatan Babulu akan kembali dilanjutkan pada 2024.

Perumda Air Minum Danum Taka juga menunggu penyerahan pipa yang telah terpasang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), sebelum melanjutkan pemasangan pipa jaringan distribusi, khususnya pipa tersier.
 
Pelayanan air bersih Perumda Air Minum Danum Taka tersebar di Kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Kecamatan Sepaku.
 
Kendala layanan air bersih yang masih dihadapi adalah jaringan pipa distribusi belum merata, serta sumber air baku belum memadai, demikian Abdul Rasyid. 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023