Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan lima kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan disertai petir dan angin kencang pada Sabtu - Minggu (26-27/8), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain jalan licin, banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Jumat.

Prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada pihak terkait melalui Grup WhatsApp (WA), termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar segera dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Lima kabupaten yang berpotensi mengalami peristiwa itu adalah Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Rinciannya adalah di Mahakam Ulu pada Sabtu sekira pukul 20.00 Wita, hujan deras disertai petir terjadi di dua kecamatan yakni Long Apari dan Long Pahangai, kemudian pada pukul 23.00 hujan ringan diprakirakan terjadi pada semua kecamatan.

Pada Minggu dini hari sekira pukul 02.00 dan 05.00 WITA, hujan disertai petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan yakni Long Bagun, Laham, dan Kecamatan Long Hubung, sedangkan pada Minggu pagi hujan ringan di semua kecamatan.

Untuk Kabupaten Kutai Timur, pada Minggu pagi sekira pukul 05.00 WITA, hujan disertai petir hanya terjadi di Kecamatan Muara Ancalong, sedangkan hujan ringan terjadi pada sebagian besar kecamatan di kabupaten ini.

Di Kutai Kartanegara, lanjutnya, hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Minggu dini hari pukul 02.00 dan 05.00 pada dua kecamatan yakni Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut.

Untuk Kutai Timur, hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Minggu pagi sekira pukul 05.00 WITA di tiga kecamatan, yakni Damai, Long Iram dan Linggang Bigung, sedangkan sebagian kecamatan lainnya hujan ringan mulai malam hingga pagi.

"Di Kabupaten Berau, hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Minggu dini hari pada pukul 02.00 dan 05.00 WITA hanya di Kecamatan Maratua, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan mulai Sabtu malam hingga Minggu pagi," kata Iwan.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023