Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan empat kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan petir disertai angin kencang pada Senin-Selasa (21/22), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain jalan licin, banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Minggu.

Prakiraan cuaca ini pun telah ia sampaikan ke pihak terkait melalui Grup WhatsApp, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar segera dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Rincian dari empat kabupaten tersebut adalah di Kabupaten Berau pada Senin, hujan petir diprakirakan terjadi pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Kelay dan Segah sekira pukul 14.00 dan 17.00 Wita.

Kemudian pada Selasa dini hari sekira pukul 02.00 dan 05.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi pada delapan kecamatan yakni Tanjung Redeb, Kelay, Maratua, Pulau Derawan, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah dan Kecamatan Teluk Bayur.

Kemudian di Kabupaten Kutai Barat, pada Senin diprakirakan hujan petir sekira pukul 17.00 Wita di dua kecamatan, yakni Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan di jam yang sama.

Pada Selasa pagi sekira pukul 05.00 Wita, hujan ringan berpotensi terjadi pada 15 kecamatan yakni Sendawar, Bentian Besar, Damai, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, Siluq Ngurai dan Kecamatan Tering.

Berikutnya di Kabupaten Kutai Timur pada Senin sekira pukul 17.00 WITA, hujan petir berpotensi terjadi pada tiga kecamatan yakni Kongbeng, Muara Wahau dan Kecamatan Busang.

Selanjutnya di Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir diprakirakan terjadi pada tiga kecamatan pada pukul 17.00 dan 23.00 Wita, yakni Kecamatan Long Apari, Long Hubung, dan Long Pahangai.

"Pada Selasa dini hari sekira pukul 02.00 dan 05.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi pada lima kecamatan yakni Long Apari, Long Pahangai, Long Bagun, Long Hubung, dan Kecamatan Laham," kata Iwan.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023