Wali Kota Samarinda, Kalimantan Timur Andi Harun menyatakan tekad untuk meraih penghargaan Adipura tahun 2023 dalam upaya mewujudkan Ibu Kota Provinsi Kaltim yang bersih dan nyaman.

"Semua instansi harus bekerja sama, Kita akan raih Adipura untuk mewujudkan Kota Samarinda yang nyaman dan bersih," kata Andi Harun di Samarinda, Sabtu.

Menurut Andi Harun penghargaan Adipura, menjadi indikator kinerja aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pengelolaan lingkungan hidup.

"Samarinda sudah mendapatkan sertifikat Adipura, tentunya kami ingin prestasi itu ditingkatkan dan mudah- mudahan tahun ini kita bisa raih," kata Andi Harun.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Samarinda Endang Liansyah mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Pemkot Samarinda untuk sama-sama terus membenahi lingkungan.

Ia mengatakan ada beberapa lokasi yang nantinya menjadi titik penilaian Adipura, diantaranya seperti pembenahan pengolahan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA), perawatan taman, kebersihan dan kerapian ruas jalan kota, sekolah, terminal, hingga penertiban di kawasan pasar tradisional.

Endang berharap sejumlah titik lokasi tersebut terus mendapatkan perhatian khususnya OPD terkait, sehingga lokasi tersebut tetap terjaga kebersihan dan kerapiannya.

"Program Adipura untuk memacu agar kita terus berupaya meningkatkan kemampuannya dalam hal pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan demi mewujudkan Tata kelola Lingkungan yang baik,” ucap Endang.

Diketahui Kota Samarinda memang cukup tertinggal dengan sejumlah wilayah Kaltim lainnya dalam penghargaan Adipura, karena dua Kota di Kaltim yakni Balikpapan dan Bontang merupakan peraih Adipura Kencana tahun 2022,

Selain itu, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser juga merupakan peraih anugerah Adipura tahun 2022, pada tahun yang sama Kota Samarinda hanya meraih sertifikat Adipura.


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023