Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Kamis (17/8), mulai Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) gelar upacara di IKN, hingga seorang Ketua RT di Tenggarong sigap panjat tiang bendera saat tali pengibaran terputus pada apel Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Upacara di IKN
 
Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengadakan "upacara pertama" untuk memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Sumbu Kebangsaan, Ibu Kota Nusantara, Kamis.
 
Kolaborasi Otorita IKN dan Kadin dalam penyelenggaraan upacara tersebut dilakukan sebagai bentuk nyata komitmen Otorita IKN dan Kadin untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara berkekuatan ekonomi ke-4 dunia yang tangguh pada sektor pangan dan kesehatan, berkelanjutan dalam misi mencapai emisi nol dan bersih serta inklusif, bersatu padu, dan bergotong royong dalam pembangunan.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Pesan kemerdekaan dari Gubernur
 
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengajak masyarakat Benua Etam untuk memperhebat peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan semangat dan kesadaran untuk memajukan negara agar setara dengan negara-negara dunia.
 
Isran juga mengingatkan generasi pemuda agar tidak selalu santai dan hanya menikmati kemerdekaan. Generasi muda, terutama di Kalimantan Timur, harus proaktif melibatkan diri untuk membangun bangsa, dan tidak hanya menunggu dilibatkan pihak lain.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Bentangkan bendera 110x48 meter di IKN
 
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) membentangkan bendera Merah Putih berukuran 110 meter x 50 meter di Glamping kawasan Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, dalam memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.
 
"Bendera Merah Putih raksasa dibentangkan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) sekaligus merupakan simbol bahwa Kalimantan Timur siap untuk NKRI," kata Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 091 Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigadir Jenderal (Brigjend) TNI Yudhi Prasetiyo di Penajam, Kamis.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Ada 695 bacaleg lolos verifikasi
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda menyatakan sebanyak 695 berkas bakal calon legislatif (bacaleg) lolos verifikasi sebagai Daftar Calon Sementara (DCS), yang diumumkan di media massa pada 19-23 Agustus 2023 guna mendapatkan timbal balik dari publik.
 
"Jumlah tersebut merupakan hasil dari pencermatan rancangan DCS yang dilakukan selama 10 hari, pada 7-16 Agustus 2023," ujar Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Samarinda, Ihsan Hasani di Samarinda, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Ketua RT panjat tiang bendera
 
Seorang Ketua RT 4 Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur sigap memanjat tiang bendera saat melihat tali pengibaran bendera terputus pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di kelurahan setempat.
 
"Insiden tali bendera terputus sempat menghambat jalannya upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-78 yang berlangsung di kelurahan kami," ujar Lurah Bukit Biru, Miseri di Tenggarong, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023