Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan Kesbangpol  membagikan sekitar 1.200  bendera merah putih kepada masyarakat yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.
 
“Kegiatan pembagian bendera merah putih dicanangkan oleh pemerintah pusat terkait dengan memperingati hari ulang tahun yang ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Ini sudah sejak tahun lalu diadakan kegiatan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat,” ujar Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Kaltim Ahmad Firdaus Kurniawan di Komplek  Stadion Madya  Kadrie Oening, atau GOR Sempaja, Samarinda, Minggu.
 
Ia menjelaskan bendera-bendera tersebut dikumpulkan dari berbagai elemen masyarakat, baik dari perusahaan, pemerintah daerah, maupun unsur-unsur masyarakat lainnya. 
 
“Targetnya untuk tahun ini ada sekitar  50.000 bendera di bagikan  dan diharapkan bisa dilakukan di masing-masing daerah sampai tingkat terendah,” katanya.
 
Di Provinsi Kaltim, kegiatan pembagian bendera merah putih tersebar di beberapa wilayah yakni ke 10 kabupaten/kota dan sudah berjalan, kemudian puncaknya  ditutup pada hari Minggu (13/8), di GOR Sempaja.
 
 “Kenapa pembagian bendera di GOR Sempaja  Samarinda, karena tempat ini  menjadi salah satu tempat konsentrasi masyarakat ketika hari Minggu karena  selain tempat berolahraga juga ada wisata belanja kuliner, jadi momen tersebut kita manfaatkan untuk bisa membagikan bendera sebagaimana arahan dari pemerintah pusat,” tuturnya.
 
Firdaus menambahkan bahwa hari ini ada sekitar 1.200 bendera yang dibagikan kepada masyarakat sekitar yang kebetulan berada di wilayah GOR Sempaja.
 
 “Selain Sempaja, kami juga sudah melaksanakan beberapa pembagian bendera dalam beberapa kegiatan yang kami laksanakan seperti di Kutai Kartanegara, Balikpapan, Bontang, dan selain itu ada juga yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat,” katanya.
 
Ia berharap dengan mengibarkan bendera merah putih di lingkungan masing-masing, masyarakat dapat merasakan makna kemerdekaan dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan kedaulatan bangsa.
 
 “Ini sebagai salah satu dari lambang negara, bendera merah putih ini harus selalu ditebar dan dikibarkan di seluruh penjuru Negara Republik Indonesia,” pungkasnya.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023