Tenggarong (Antara Kaltim) - Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Ghufron Yusuf membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Grasstrack Seri I Region IV Kalimantan dan Motocross Open 2014, sekaligus meresmikan Sirkuit Bendang Raya Tenggarong, Sabtu (1/2).

Sirkuit Bendang Raya yang ukurannya berstandar Internasional itu kata Ghufron, diharapkan mampu mengangkat nama Kota Tenggarong dan Kutai Kartanegara, umumnya melalui olahraga otomotif khususnya motocross dan grasstrack.

Dia juga berharap keberadaan sirkuit itu dapat menumbuhkan semangat para pehobi olahraga otomotif di Kutai Kartanegara dan Tenggarong khususnya untuk terus meingkatkan kemampuan.

"Sehingga akan lahir pembalap-pembalap yang handal dari sirkuit ini untuk mengharumkan nama Kutai Kartanegara," harapnya.

Kepada peserta Kejurnas Grasstrack Seri I Region IV Kalimantan dan Motocross Open 2014, Ghufron mengucapkan selamat datang dan selamat berlomba dan tetap menjunjung tinggi sportifitas.

Sirkuit Bendang Raya yang dibangun atas partisipasi sejumlah perusahaan di sekitar desa tersebut dengan panjang 1.500 meter dan lebar 6-8 meter.

"Ukaran ini sudah standar Internasional.  Track atau tingkat kesulitannya juga lumayan," ujar Ketua Lomba kejuaraan tersebut, Dadan.

Adapun kelas yang dilombakan untuk Kejurnas yakni, bebek standar pemula, bebek modifikasi junior, bebek modifikasi 2 langkah senior, bebek modifikasi 4 langkah senior, sport dan trail senior serta mini moto 12 tahun kebawah.

Pada kelas tambahan dilombakan, bebek standar pemula lokal Kaltim dan lokal Kukar, SE 85cc -150cc open, SE 250cc open, SE 250cc lokal Kaltim, eksekutif Jadul atau classic trail, mini moto open, serta OMR Kawasaki KLX 150cc Open.

Pemenang kejuaraan ini akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, sepeda motor, dan piala.

Kejuaraan tersebut diikuti ratusan pebalap dari berbagai kota di Kalimantan serta diramaikan pebalap dari pulau Jawa dan Bali.

Acara pembukaan ditandai dengan penyiraman air bunga dan doa digaris start oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Ghufron Yusuf, di dampingi Ketua Penyelenggara Kegiatan itu Arfan Boma, Ketua Koni Kutai Kartanegara Abdul Rasyid dan sejumlah undangan lainnya.

Ghufron juga didaulat untuk melepas start latihan resmi kejuaraan tersebut.  (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014