Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Selasa (1/8), mulai dari uji coba Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) siap melakukan uji coba mobil otonom dan taksi terbang, hingga kunjungan DPRD Kaltim ke kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Provinsi Kaltim.
 
Beginilah rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Uji coba taksi terbang di IKN
 
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) siap melakukan uji coba mobil otonom dan taksi terbang pada tahun depan dalam rangka mendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur sebagai kota pintar atau smart city.
 
"Kita sudah berbicara bagaimana tahun depan sudah ada showcase atau proof of concept bagaimana mobil otonom (autonomous vehicle) siap diujicobakan di sumbu kebangsaan," ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi dalam diskusi daring yang diikuti di Jakarta, Selasa.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Tanam pohon pangan di lahan pasca tambang
 
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melakukan program reboisasi lahan pasca tambang batu bara dengan penanaman pohon tanaman pangan untuk penghijauan.
 
Beragam jenis pohon tanaman pangan dan hortikultura ditanam di lahan bekas galian tambang batu bara yang telah direklamasi di beberapa wilayah di Kaltim, melalui bantuan tanggung jawab sosial (CSR) dari perusahaan swasta di daerah setempat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Tindaklanjut temuan BPK
 
DPRD Kalimantan Timur tindak lanjuti hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi Kaltim 2022 dengan kunjungan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
 
"Kami akan panggil inspektorat daerah untuk memperdalam hasil pemeriksaan BPK. Ada 43 rekomendasi yang kami terima, tapi baru tiga rekomendasi yang telah diselesaikan. Masih ada beberapa rekomendasi yang sedang dalam proses," kata Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud di Samarinda, Selasa.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Cegah Karhutla
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pemkab PPU), Kalimantan Timur, berhasil mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di RT 01, Kelurahan Lawe-Lawe Kecamatan Penajam.
 
Waktu kejadian karhutla diketahui pada Senin kemarin sekira pukul 15.00 WITA, dan 43 menit kemudian atau pukul 15.43 WITA, Pusdalops BPBD bersama pihak terkait melakukan penanganan.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Bankaltimtara harus berikan penjelasan
 
Komisi II DPRD Kalimantan Timur meminta penjelasan Direksi Bankaltimtara sebagai salah satu BUMD Kaltim terkait pencabutan rekening kas umum daerah Kota Samarinda ke bank lain.
 
"Pencabutan rekening itu memunculkan kekhawatiran karena pemerintah kota Samarinda merupakan salah satu pemegang saham di Bankaltimtara," ujar Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono di Samarinda, Selasa.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023