Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Senin (31/7), mulai dari Polresta Samarinda menahan seorang pelaku ujaran kebencian yang menistakan ‘Guru Sekumpul’, hingga seribu warga Kaltim mendapat hadiah Rp4 juta dari gelaran Gebyar Pajak Daerah 2023.

Beginilah rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Penistaan ‘Guru Sekumpul’

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda menahan tersangka SA (29) terkait tindak pidana penyebaran ujaran kebencian kepada Guru Sekumpul yang dilakukan melalui akun media sosial (medsos).
 
Kejadian tersebut terjadi pada Rabu, 26 Juli 2023, sekira pukul 11.30 Wita, di Jalan Pusaka Bendang, Kelurahan Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang.
.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Perusahaan “groundbreaking” di IKN

Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengungkapkan sekitar tujuh perusahaan swasta Indonesia dalam persiapan groundbreaking di IKN, Kalimantan Timur pada Agustus atau September mendatang.

Rencana kegiatan awal proyek itu berasal dari perusahaan yang sudah mencapai fase kesepakatan dengan para investor yakni para investor swasta domestik yang berkomitmen melakukan pembangunan mulai dari rumah sakit, hotel, sekolah, perkantoran, dan juga mal perbelanjaan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Harga TBS sawit naik

Harga tandan buah segar (TBS) yang dipanen dari pohon kelapa sawit umur 10 tahun ke atas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) periode 16-31 Juli 2023 naik menjadi Rp2.162,3 per kilogram (kg), naik Rp63,15 per kg ketimbang periode sebelumnya.

Harga TBS Rp2.162,3 merupakan keputusan Tim Penetapan Harga TBS Kaltim, yakni harga yang berlaku di tingkat pabrik pengolahan kelapa sawit dan hanya berlaku bagi kebun plasma atau kebun kemitraan, termasuk kebun swadaya yang telah bermitra dengan pabrik. Sedangkan harga bagi pekebun yang belum bermitra, bisa saja lebih rendah..

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Pencegahan Karhutla

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah bersiap untuk melalukan pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) memasuki musim kemarau tahun 2023 ditandai dengan gladi posko Karhutla Kaltim di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Wagub Hadi Mulyadi mengatakan kebakaran hutan dan lahan telah menjadi isu nasional dan merupakan permasalahan rutin yang terjadi hampir setiap tahun di Indonesia, khususnya pada musim kemarau yang perlu menjadi perhatian dan tanggung jawab semua untuk mengatasinya.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Puncak Gebyar Pajak

Seribu orang wajib pajak di Provinsi Kalimantan Timur berhasil menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah Rp4 juta per orang melalui undian Gebyar Pajak Tahun Kaltim 2023 yang dilaksanakan di Kota Balikpapan.

Gebyar Pajak Tahun 2023 merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilaksanakan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kaltim dalam rangka memberikan apresiasi kepada masyarakat yang taat membayarkan pajak kendaraan bermotor. Tahun ini total hadiah yang disiapkan sebesar Rp4 miliar..

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023