Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Sabtu (8/5), mulai dari kloter 1 jemaah haji tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan hingga Wakil Gubernur Kaltim mempromosikan pariwisata daerah dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kazakhstan.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Kloter 1 jemaah haji tiba di Balikpapan

Kloter 1 jemaah haji asal Balikpapan tiba kembali di Kota Minyak pada Sabtu (8/7) dini hari. Sebagian dari mereka langsung melakukan sujud syukur begitu turun dari pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan.

Di Terminal Kedatangan Bandara Sepinggan, seluruh jemaah diantar dengan bus ke Asrama Haji Batakan. Di sana, mereka mengambil bagasi dan dijemput keluarga..

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Anggaran BNK Paser dipangkas 65 persen

Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Paser, Kalimantan Timur, Syarifah Masitah Assegaf menyayangkan pemangkasan anggaran untuk instansinya pada 2024 hingga mencapai 65 persen atau menjadi Rp200 juta.

Masitah yang juga menjabat Wakil Bupati Paser itu melanjutkan alokasi anggaran BNK Paser hanya sebesar Rp200 juta dalam postur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Paser 2024.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Kades diminta jangan korupsi dana desa

Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor mengingatkan kepada para kepala desa (kades) setempat untuk melakukan pengelolaan Dana Desa dengan baik, bersih, transparan dan menghindari terjadinya penyelewengan anggaran atau tindak pidana korupsi.

Isran mengungkapkan pada tahun 2023, Pemerintah Pusat menyalurkan Dana Desa ke Kaltim sebesar Rp.777,27 miliar,. Dana tersebut akan disebar untuk 841 desa di 83 kecamatan pada 7 kabupaten se-Kaltim.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Kembangkan Perpustakaan Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, berupaya menumbuhkan budaya gemar membaca dengan mengembangkan perpustakaan desa.

Dana Desa dapat digunakan untuk penguatan budaya literasi desa, salah satunya melalui pembangunan dan pengelolaan perpustakaan desa. Pembangunan desa bukan hanya infrastruktur saja melainkan juga untuk meningkatkan SDM (sumber daya manusia), salah satunya melalui pembangunan literasi.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Promosi wisata dan IKN di Kazakhstan

Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi menawarkan sejumlah potensi investasi bisnis, pariwisata daerah hingga keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) saat melakukan kunjungan kerja ke Negara Kazakhstan.

Wagub Hadi Mulyadi menyampaikan Provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, salah satunya wisata laut di Kabupaten Berau tepatnya di Pulau Derawan, Kakaban, Sangalaki dan Maratua pada Kegiatan Summer Festival Expo di Kota Astana Kazakhstan.

Selengkapnya silahkan diklik.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023