Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Jumat (7/5), mulai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim melakukan tahap perbaikan dokumen bakal calon legislatif (Bacaleg), hingga pemerintah provinsi perkuat gugus tugas demi mencegah tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Parpol lakukan perbaikan dokumen Bacaleg

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur Fahmi Idris menerangkan tahapan Pemilu saat ini masih masa perbaikan dokumen bakal calon legislatif (Bacaleg) yang sudah disetor oleh Partai Politik (Parpol) namun belum memenuhi persyaratan administrasi.

Setelah periode perbaikan dokumen selesai, katanya KPU Kaltim melanjutkan proses verifikasi ulang terkait dengan kelengkapan dan perbaikan yang telah dilakukan oleh partai politik. Verifikasi dilakukan untuk memastikan bahwa semua dokumen yang diajukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Terdakwa narkoba divonis 6 tahun penjara

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Samarinda menjatuhkan vonis kepada terdakwa kasus jual beli narkoba Sayuti, dengan pidana enam tahun enam bulan, penjara dan denda sejumlah Rp1 miliar, subsider dua bulan kurungan.

Majelis Hakim PN Samarinda menyatakan terdakwa Sayuti terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana perantara dalam jual beli narkotika golongan I, dalam bentuk bukan tanaman dengan berat melebihi lima gram, sebagaimana dalam dakwaan kesatu.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Kodim Penajam garda terdepan pengamanan IKN

Komando Distrik Militer (Kodilm) 0913 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjadi garda terdepan pengamanan wilayah teritorial Kota Nusantara sebagai ibu kota negara baru Indonesia yang dibangun pada sebagian wilayah di daerah berjuluk Benuo Taka itu, yakni Kecamatan Sepaku.

Prajurit Komando Distrik Militer 0913 Penajam Paser Utara adalah sebagai pengawal kehormatan negara dengan kepindahan ibu kota negara Indonesia baru dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Gubernur optimis Pemilu Kaltim kondusif

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyatakan optimistis pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 di wilayahnya berlangsung dengan kondusif, aman, tertib dan damai tanpa ada gejolak sosial.

Dalam Rapat Koordinasi Forkopimda se-Kaltim di Balikpapan, Isran menyambut baik pelaksanaan rakor dalam rangka mematangkan kesiapan daerah menyongsong pesta demokrasi tahun 2024.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Penguatan gugus tugas cegah TPPO

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur memperkuat gugus tugas dengan melibatkan lintas sektor, seperti lembaga penegak hukum, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, dan pihak lain untuk mencegah tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Hal lain yang dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penanganan korban kekerasan maupun TPPO ialah melakukan penanganan melalui regulasi, penyediaan layanan korban, koordinasi, pengawasan, dan evaluasi.

Selengkapnya silahkan diklik.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023