Pemanah cilik di Kabupaten Penajam Paser Utara, yang tergabung dalam Club X Archery kabupaten setempat dipersiapkan mengikuti kejuaraan panahan Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) dan Piala Bepeka Archery Indonesia 2023.
 
"Kami lagi fokuskan latihan untuk ikut kejuaraan panahan piala gubernur dan bepeka," kata Ketua Club X Archery Kabupaten Penajam Paser Utara Anwar di Penajam, Selasa.
 
Kejuaraan panahan Piala Gubernur Kaltim dan Piala Bepeka Archery Indonesia bakal digelar pada 3-9 Juli 2023 di lapangan Hockey Kadrie Oening Sempaja, Kota Samarinda.
 
Kategori yang dipertandingkan pada kejuaraan panahan tersebut, yakni nasional pemula lima meter, 10 meter, 20 meter dan 30 meter, kemudian nasional umum 30 meter, 40 meter dan 50 meter, serta compound 50 meter dan recurve 70 meter.
 
Kejuaraan panahan Piala Gubernur Kaltim dan Piala Bepeka Archery Indonesia 2023 juga untuk seleksi kejurnas (kejuaraan nasional) junior dan seleksi Pra PON (persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional/PON).
 
Pemanah yang disiapkan untuk mengikuti kejuaraan panahan tersebut di antaranya ada yang berusia delapan tahun.
 
Para atlet panahan selain dilatih mempertajam teknik, jelas Anwar, juga dilatih mental tanding dengan melakukan pertandingan persahabatan dan hasil yang didapat sangat memuaskan.
 
Atlet panahan tersebut diharapkan mampu menyumbangkan prestasi terbaik bagi Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Saya rutin ikut latihan panahan," ujar Ariza Muhammad Faeyza Akbar berusia delapan tahun, salah satu atlet panahan yang tergabung dalam Club X Archery Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Bocah yang duduk di bangku kelas tiga Sekolah Dasar (SD) tersebut mengaku sangat senang dan bangga bisa menjadi atlet panahan, serta berharap bisa menjadi juara.
 
Kendati Club X Archery Kabupaten Penajam Paser Utara yang berdiri pada Desember 2019 masih terhitung pemula dalam dunia panahan di Kalimantan Timur, tetapi para atletnya ada yang meraih medali emas pada Porprov (pekan olahraga provinsi) VI Kaltim dan kejurnas senior.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023