Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkapkan pihaknya bisa mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) tanpa melibatkan partai politik yang lain.

Pernyataan itu dikemukakan Megawati saat berpidato dalam acara Puncak Peringatan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu.

Meski begitu, Megawati menyebut PDIP lebih memilih mengutamakan kekeluargaan.
 
"Sebetulnya (PDIP) boleh bawa capres-cawapres sendiri tapi saya membuka pintu. Karena apa? sifat kami adalah kekeluargaan dan gotong royong," ujarnya.

Baca juga: Megawati beri pesan khusus ke Golkar, PAN, dan PKB
 
Presiden Kelima RI itu mengaku bersyukur beberapa partai politik mulai mengikuti jejak PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.
 
Megawati lantas menyapa tiga ketua umum partai politik pengusung Ganjar yang menghadiri Puncak Peringatan Bulan Bung Karno 2023, yaitu Plt Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono, Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), dan Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.
 
"Dari PPP, ayo Pak Mardiono berdiri, beliau nomor satu, 'Bu saya sama-sama boleh tidak Bu?', 'Boleh Pak,'. Lalu tapi ada lagi ini abang saya ini desak-desak saja dari Partai Hanura, yaitu Pak OSO, dia suka marah-marah, 'Kenapa kamu tidak pernah ajak abang ya?', 'Ayo sinilah kalau mau ikut,' begitu. Yang ketiga, itu orangnya gagah, Pak Hary Tanoe dari Perindo," kata Megawati.
 
Pada acara di Jakarta itu, hadir pula Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Waketum PKB Jazilul Fawaid.
 
Megawati pun menyapa mereka. Dia mengaku telah mengajak ketiga partai itu untuk ikut mendukung calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Baca juga: Jokowi dan Maruf Amin hadir bersama tokoh lain di Puncak BBK 2023

Namun, baik Golkar, PAN, dan PKB belum mau memberikan putusan.
 
"Kalau di sini ada tiga (Golkar, PAN, dan PKB). Itu yang saya bilang ya katakanlah, 'Ah mikir-mikir dulu deh'," ujar Megawati.
 
Kader PDIP yang hadir di Stadion Utama GBK tertawa mendengar pernyataan Megawati yang menyinggung Golkar, PAN, dan PKB.

Meski demikian, Megawati mengatakan tidak akan memaksakan kehendak kepada Golkar, PAN, dan PKB.
 
"Tuh bapak-bapak kan diketawain. Loh bener kan? Tapi ya saya bilang, 'Tidak apa-apa mau ikut boleh, tidak ikut ya tidak apa-apa. Betul tidak? Merdeka!" pungkas Megawati.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023