Samarinda (ANTARA Kaltim)- Hari Amal Bhakti (HAB) ke-68 Kementerian Agama (Kemenag) menjadi momentum terbaik dan sangat strategis untuk membangun kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara dalam bingkai keagamaan, moral dan spiritual.

"Peringatan ini seharusnya tidak sekadar menjadi kegiatan rutin tetapi  harus menjadi momen instropeksi organisasi, terutama demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Wakil Gubernur H Mukmin Faisyal usai memimpin peringatan HAB ke-68 Kemenag di Kanwil Kemenag Kaltim, Jumat (3/1).

Menurut dia, tugas sebagai pengayom dan pelayan umat beragama merupakan tugas mulia yang harus dijalankan dengan baik dan penuh tanggung jawab.  Demikian pula untuk urusan penyelenggaraan pendidikan agama dan keagamaan terhadap seluruh lapisan masyarakat.Diakui, Pemprov Kaltim pada dasarnya tidak membedakan pendidikan agama dengan pendidikan umum dari jenjang Raudhatul Athfal, Madratsah Ibtidaiyah, Tsanwiyah bahkan Aliyah hingga perguruan tinggi.

“Terpenting adalah meningkatkan hubungan antarumat beragama dan sesama umat beragama serta meningkatkan pendidikan keagamaan guna membentuk sumber daya manusia Kaltim yang lebih berkualitas dan berakhlak mulia,” harap Mukmin.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kaltim HM Kusasi mengemukakan seluruh jajaran Kemenag di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi terus berkomitmen dalam upaya memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Sudah menjadi tekad kita bersama di seluruh jajaran Kemenag untuk meningkatkan pelayanan publik yang sudah menjadi kewajiban dan tanggungjawab secara kelembagaan, terutama yang sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan masyarakat,” ujar Kusasi.

Peringatan Hari Amal Bhakti ke-68 Kementerian Agama Tahun 2014, Wagub Mukmin Faisyal didampingi Kakanwil Kemenag Kaltim HM Kusasi menyerahkan penghargaan kepada PNS lingkup Kemenag Kaltim berupa Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun (11 orang), 20 Tahun (9 orang) dan 30 Tahun (19 orang).

Dalam kesempatan itu dilakukan penandatanganan MoU percepatan persertifikatan tanah wakaf antara Kanwil Kemenag dengan Kanwil BPN serta penyerahan sertifikat akreditasi Madratsah dari Badan Akreditasi Madratsah Kaltim kepada Kepala Madratsah Darul Insan Samarinda.

Tampak hadir Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail dan istri mantan Wakil Gubernur Kaltim periode 2009-2013 Hj Ruzaimah Farid Wadjdy serta mantan pejabat di jajaran Kanwil Kemenag Kaltim. (Humas Prov Kaltim/yans)

 

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014