Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tujuh daerah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan petir disertai angin kencang pada Kamis-Jumat (25-26/5), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak hujan petir dan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Rabu.

Tujuh daerah (kabupaten/kota) yang diprakirakan mengalami peristiwa itu adalah Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, dan Kota Samarinda, sedangkan tiga daerah lainnya berawan hingga hujan ringan.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Rincian per daerah antara lain di Kota Samarinda pada Kamis sekitar pukul 11.00 Wita hujan petir berpotensi terjadi di empat kecamatan, yakni Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Samarinda Seberang, sedangkan enam kecamatan lainnya di jam yang sama terjadi hujan ringan.

Kabupaten Mahakam Ulu pada Kamis sekitar pukul 20.00 dan 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan, kemudian pada Jumat dini hari diprakirakan hujan ringan di Kecamatan Long Apari, Long Bagun, dan Long Pahangai.

"Hujan petir di Kabupaten Berau pada Kamis sekitar pukul 17.00 di Kecamatan Kelay dan Segah, pukul 20.00 berpotensi terjadi di Kecamatan Kelay, Maratua, Pulau Derawan, dan Segah," kata Carolina.

Di Kabupaten Kutai Barat pada Kamis sekitar pukul 20.00 hujan petir di delapan kecamatan, yakni Sendawar, Bentian Besar, Damai, Long Iram, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Siluq Ngurai, dan Kecamatan Tering.

"Hujan petir di Kutai Kartanegara pada Kamis sekitar pukul 11.00 di Kecamatan Tenggarong, Loa Kulu, dan Sanga-Sanga, pukul 20.00 di Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut, Jumat dini hari hujan ringan di Kecamatan Muara Jawa, Anggana, Loa Janan, dan Samboja," ujarnya.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023