Sejumlah informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Selasa (9/5), mulai dari  Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Samarinda berhasil memadamkan sepuluh bangunan terbakar dengan durasi 1,5 jam di Kelurahan Karang Asam Ilir, Kecamatan Sungai Kunjang, hingga tersangka tindak pidana korupsi (Tipikor) di BRI Samarinda menggunakan modus nasabah fiktif atau nasabah topengan dalam menjalankan aksinya, rugikan negara Rp7,7 miliar.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Puluhan rumah terbakar

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Samarinda membutuhkan waktu 1,5 jam untuk memadamkan 10 bangunan terbakar di Kelurahan Karang Asam Ilir, Kecamatan Sungai Kunjang, pada Selasa, sekitar pukul 13.30 WITA.

Setelah mendapatkan laporan dari warga pada pukul 13.30 WITA, Kepala Damkar Samarinda langsung mengerahkan lima posko pemadam ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), dengan jumlah petugas sebanyak 40 orang. Selain itu juga dibantu puluhan tim relawan dari berbagai organisasi.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Promosi kerajinan khas ke Brasil

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor turut mempromosikan sejumlah produk kerajinan khas provinsi itu saat melakukan kunjungan ke Brasil dalam rangkaian kegiatan untuk menegosiasikan 8 juta sisa penurunan emisi karbon dari Program FCPF-CF ke Bank Dunia.

Pada kesempatan itu Isran Noor bersama rombongan melakukan kunjungan ke International Trade Promotion Center (ITPC) Sao Paolo di Brasil, yang disambut Kepala ITPC Sao Paolo Donny Tamtama dan wakilnya Sri Sapto Bima Haryana.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Pelaku perdagangan orang ditangkap

Polresta Samarinda melalui Opsnal Unit PPA Sat Reskrim berhasil menangkap tersangka Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang dilakukan oleh seorang pemuda berinisial TDS (26) kepada anak di bawah umur.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli mengungkapkan bahwa TDS mempekerjakan INS untuk menjadi Pekerja Seks Komersil (PSK) yang dilakukan via WhatsApp, dibawa ke sebuah klub malam, di mana tindakan tersebut sudah berjalan selama tiga bulan.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Saran jembatan Swan Slutung dibangun permanen

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Paser, Ruslan memberikan saran agar jembatan di Desa Swan Slutung Kecamatan Muara Komam  di bangun permanen, pasca terjadi kerusakan pada Minggu sore (7/5).

Menurutnya, untuk sementara telah dibuat jembatan darurat agar memudahkan kendaraan roda dua untuk melintas dan mobilisasi logistik masyarakat. Berdasarkan pengamatan  di lapangan jembatan darurat berbahan kayu tersebut sudah dalam kondisi lapuk sehingga perlu segera ditangani.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Modus kredit fiktif korupsi KUR BRI

ETW, wanita 36 tahun, mantan Mantri Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia yang kini ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda, Kalimantan Timur, menggunakan modus "nasabah topengan" (kredit fiktif) sehingga dapat menguasai debit, dengan kerugian negara Rp7,7 miliar.

Dalam penyelewengan kredit di perbankan ada dua istilah, yakni kredit topengan dan kredit tempilan. Kredit topengan adalah pengajuan kredit dengan menggunakan nama orang lain dan seluruh uangnya dikuasai oleh orang lain yang bukan debitur.

Selengkapnya silahkan diklik.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023