Sebanyak sembilan partai politik yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendapat bantuan keuangan dari pemerintah kabupaten setempat.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara Agus Dahlan di Penajam, Selasa, mengatakan bantuan keuangan itu segera disalurkan untuk mendukung partai politik dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Laporan hasil pemeriksaan bantuan keuangan parpol dan realisasi penggunaan anggaran pada 2019 sudah beres di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," katanya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Pasar Utara setiap tahun mengalokasikan anggaran bantuan keuangan untuk partai politik sesuai peraturan yang berlaku.

Pada tahun 2023, bantuan parpol itu dialokasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar Rp771 juta.

Bantuan keuangan tersebut hanya diberikan kepada parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara pada Pemilu 2019

"Partai Demokrat mendapat bantuan keuangan tertinggi dan parpol yang dapat bantuan keuangan terkecil adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo)," ujarnya tanpa merinci nilai bantuan itu.

Partai politik lainnya yang mendapat bantuan keuangan adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sosial (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Bulan Bintang (PBB).

"Bantuan keuangan langsung masuk ke rekening setiap parpol dan parpol wajib menyampaikan laporan penggunaan dana pada akhir tahun,” ujar Agus Dahlan.(Adv)

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023