Pengelola Terminal Lempake Samarinda, Kalimantan Timur hingga Senin, masih memberlakukan sistem arus balik Lebaran 2023 dalam pelayanan penumpang dengan menyiagakan minimal 11 bus di terminal tersebut dan 2-3 armada sebagai cadangan.

"Hari ini merupakan terakhir pelayanan arus balik Lebaran, besok (2/5) sudah kembali normal, yakni hari ini minimal 11 armada maka mulai besok maksimal 11 armada," ujar Koordinator Terminal Lempake Samarinda Suharyanto di Samarinda, Senin.

Ia mengatakan total aktivitas penumpang di Terminal Lempake hari ini 395 orang atau mengalami kenaikan ketimbang sehari sebelumnya yang tercatat 305 orang, atau penambahan 90 penumpang.

Rincian 395 penumpang yang beraktivitas hari ini, mereka yang balik ke Kota Bontang 141 orang, sedangkan dari Bontang tiba di Terminal Lempake 67 penumpang.

Arus balik dari Samarinda ke Sangatta, Kabupaten Kutai Timur 116 penumpang, sedangkan dari Sangatta balik ke Samarinda 71 penumpang.

Arus balik ke Bontang hari ini diangkut menggunakan enam armada, yakni bus milik Perusahaan Otobus (PO) Bone Indah Jaya empat armada dan bus milik PO Arafat dua armada.

Arus balik ke Sangatta diangkut menggunakan lima armada, yakni bus milik PO Bone Indah Jaya tiga armada dan milik PO Arafat dua armada.

Jumlah arus balik dari Samarinda ke Bontang dan Sangatta maupun sebaliknya yang masih terjadi, di antaranya karena ada warga Samarinda yang bekerja di Bontang dan Sangatta, sedangkan  warga dari dua daerah tersebut ada yang bekerja di Samarinda. Bahkan, banyak juga yang kuliah di Samarinda.

Ia melanjutkan untuk aktivitas penumpang di Terminal Lempake pada Minggu (30/4) tercatat 305 penumpang, rinciannya dari Samarinda yang balik ke Bontang 126 penumpang, sedangkan penumpang dari Bontang tiba di Terminal Lempake Samarinda 47 orang.

Penumpang dari Terminal Lempake Samarinda yang balik ke Sangatta 69 orang, sedangkan dari Sangatta balik ke Samarinda 63 orang.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023