Sejumlah informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Senin (17/4), mulai dari Polresta Samarinda bersama Wali Kota menggelar apel pasukan Operasi Ketupat tahun 2023 dengan 1290 personel, hingga tiga tahanan di Samarinda bebas setelah Restorative Justice.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Operasi Ketupat dimulai

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda menerangkan bahwa Operasi Ketupat Mahakam tahun 2023 mulai dilaksanakan pada 18 April hingga 1 Mei, dengan jumlah personel yang diterjunkan sebanyak 1.290 orang tersebar di sebelas pos di kota setempat.

Operasi tersebut melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), dan stake holder terkait lain.


Selengkapnya silahkan diklik.

2. Terima titipan kendaraan pemudik

Kepolisian Resor dan Komando Distrik Militer 0913 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, siap menerima penitipan kendaraan milik masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

Penitipan kendaraan tidak hanya terbatas di Markas Polres Penajam Paser Utara, namun bisa dilakukan di Markas Kepolisian Sektor atau Polsek Penajam, Waru, Babulu, dan Sepaku. Kapolres mengatakan jasa layanan penitipan kendaraan tersebut bertujuan mengantisipasi maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Polda Kaltim siapkan 1.851 personel Operasi Ketupat

Polda Kaltim mengerahkan 1.851 personel untuk melakukan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dalam operasi bertajuk Ketupat Mahakam 2023.

Kapolda Kaltim Imam Sugianto di Balikpapan, Senin, mengatakan fokus pengamanan di Kalimantan Timur berbeda dengan di Jawa dan Sumatera yang maksimal untuk mengamankan arus mudik.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Kirab pemilu 2024 di titik nol IKN

Tari adat Suku Paser Zapin Muara dan Ronggeng Pesisir warnai estafet atau penyerahan Kirab Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara kepada KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia baru bernama Nusantara.

Penyerahan Kirab Pemilu 2024 dari Ketua KPU Kabupaten Kutai Kartanegara Purnomo kepada Ketua KPU Kabupaten Penajam Paser Utara Irwan Syahwana berlangsung Senin, disaksikan Anggota KPU Provinsi Kalimantan Timur Mukhasan Ajib.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Pembebasan tiga tahanan hasil Restorative Justice

Sebanyak tiga tahanan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, dinyatakan bebas setelah dilakukan restorative justice (RJ) atau keadilan restoratif, ditandai dengan pelepasan rompi tahanan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Samarinda Firmansyah Subhan.

RJ dilakukan setelah hari Senin (17/4) ini Kajari Samarinda menerbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKP2) terhadap tiga tersangka, yakni Dwi Saputra, Sapta Harianto, dan Jamino Noto.

Selengkapnya silahkan diklik.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023