Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan semua daerah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat hingga hujan disertai petir dan angin kencang pada Jumat-Sabtu (14-15/4), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Kamis.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Rincian dari semua daerah (10 kabupaten/kota) tersebut antara lain di Kota Balikpapan pada Jumat sekitar pukul 08.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Tengah, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Sekitar pukul 17.00 Wita, hujan petir terjadi pada lima kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara, kecamatan lainnya hujan ringan hingga pukul 20.00 Wita.

Di Kota Samarinda pada Sabtu dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Samarinda Seberang, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga subuh.

Di Kota Bontang pada Jumat mulai pukul 11.00 hingga pukul 20.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi di semua kecamatan, kemudian pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di semua kecamatan.

Ia melanjutkan, Kabupaten Berau pada Jumat sekitar pukul 20.00 Wita, hujan lebat diprakirakan terjadi pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Kelay dan Segah, pukul 23.00 Wita hujan ringan diprakirakan terjadi di semua kecamatan.

Pada Sabtu pagi sekitar pukul 05.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi pada tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Tanjung Redeb, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan, dan Teluk Bayur.

Kabupaten Kutai Timur pada Jumat pukul 14.00, hujan petir di Kecamatan Kaliorang, Kaubun, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, pukul 20.00 hujan lebat dan hujan petir di Kecamatan Batu Ampar, Karangan, Muara Wahau, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, dan Kecamatan Telen.

"Pada Sabtu dini hari, hujan sedang hingga hujan petir di Kecamatan Batu Ampar, Kaliorang, Kongbeng, Kaubun, Long Mesangat, Muara Bengkal, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Telen, Teluk Pandan, pada Sabtu pukul 05.00 pagi hujan petir di Kecamatan Karangan dan Kongbeng," kata Heni.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023