Sebanyak 10.400 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menerima bantuan pangan tahun 2023 berupa beras masing-masing 10 kilogram dari pemerintah pusat.
 
"Pada Ramadhan tahun ini (2023) sepuluh ribuan lebih warga dapat bantuan beras dari pemerintah pusat," jelas Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar di Penajam, Kamis.

Bantuan beras dari pemerintah pusat tersebut dapat membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga selama Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Penerima bantuan tersebut masyarakat yang tercantum dalam DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial) maupun yang terdata di setiap kelurahan dan desa.
 
Bantuan beras yang disalurkan untuk masyarakat yang tersebar di 54 desa dan kelurahan di Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, kata dia, juga akan memberikan bantuan serupa kepada warga Kabupaten Penajam Paser Utara dengan masing-masing KPM atau KK sebanyak 25 kilogram beras.
 
Penerima bantuan beras dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tersebut adalah masyarakat kurang mampu yang diverifikasi pemerintahan desa dan kelurahan.
 
Penyaluran bantuan beras dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dilakukan setelah penyaluran bantuan dari pemerintah pusat selesai dilakukan.
 
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Tohar, saat ini tidak salurkan bantuan beras kepada masyarakat.
 
Cadangan beras yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara disimpan untuk mengantisipasi kerawanan pangan di daerah berjuluk Benuo Taka itu.(Adv)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023