Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Rabu (12/4), mulai dari legislator Kaltim merespon aksi demonstrasi mahasiswa di Gedung DPRD Provinsi, hingga Bandara Samarinda catat 17.466 arus penumpang menjelang lebaran.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Demonstrasi mahasiswa di Gedung DPRD Kaltim

Legislator Kalimantan Timur M Udin merespon aksi demonstrasi mahasiswa tergabung dari Aliansi Mahakam Kembali Serbu Kantor DPRD Kaltim yang menyuarakan Penolakan Undang-Undang Cipta Kerja dan tambang ilegal.

Wakil Ketua Pansus Investigasi Pertambangan DPRD Kaltim itu menyatakan, secara umum pihaknya menerima dan mendukung apa yang menjadi keresahan dari para mahasiswa.

Sementara itu, juru bicara Aliansi Mahakam  Muhammad Ilham Maulana mengungkapkan aksi yang dilakukan selama seminggu tersebut digelar sebagai keresahan yang disuarakan masih berkaitan dengan penolakan Undang-Undang Cipta Kerja dan tambang ilegal di Kaltim.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Puncak arus mudik jalur laut

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan, Kalimantan Timur memperkirakan puncak arus mudik Lebaran dengan transportasi laut di Pelabuhan Semayang, Balikpapan terjadi pada 13-17 April 2023.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan Captain Mugen Suprihatin Sartoto mengatakan untuk persiapan mudik Lebaran tahun ini pihaknya menyiapkan 12 kapal dengan kapasitas penumpang tercatat 67 ribu.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Pengguna QRIS di Kaltim aman bertransaksi

Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) Ricky Perdana Gozali menyatakan, transaksi menggunakan QRIS tetap aman meski sempat adanya oknum yang menyalahgunakan, sehingga 416.638 pengguna QRIS di Kaltim tidak perlu khawatir.

Sementara itu, total nominal transaksi menggunakan QRIS sepanjang 2022 mencapai Rp809,36 miliar dengan total volume transaksi sepanjang 2022 sebanyak 6.635.888 kali. Khusus di bulan Februari 2023, lanjutnya, total nominal transaksi senilai Rp 177,14 miliar dengan total volume transaksi sebanyak 1.170.161 kali.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Kajati Kaltim gelar Jaksa Menyapa

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur bekerjasama dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Samarinda menggelar program dialog "Jaksa Menyapa" dengan tema Peran Asisten Bidang Pidana Militer yang berlangsung studio RRI Samarinda, Selasa.

Pada  pokoknya Jaksa Agung Muda Pidana Militer/Asisten Pidana Militer berkedudukan sebagai unsur pembantu pimpinan dalam hal ini Jaksa Agung RI / Kepala Kejaksaan Tinggi sebagai pengendali penanganan perkara koneksitas di pusat dan provinsi.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Ada 17 ribu penumpang di Bandara Samarinda jelang lebaran

Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda, mencatat jumlah arus penumpang selama rentang  waktu 1 sampai 11 April 2023 pada bulan Ramadan  sebanyak 17.466 penumpang..

Jika diperbandingkan jumlah arus penumpang saat Ramadhan di awal April dengan rentang waktu yang sama (11 hari) lebih banyak ketimbang arus penumpang pada saat liburan natal dan tahun baru. Tercatat 21 Desember hingga 1 Januari  sebanyak 12.127 penumpang.

Selengkapnya silahkan diklik.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023