Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Selasa (3/4), mulai dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim melakukan mediasi antara PLN dengan pemilik lahan pada area pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt Kariangau-GIS 4 IKN, hingga okupansi atau hunian kamar hotel berbintang Kaltim naik jadi 60,71 persen.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Mediasi PLN-pemilik lahan di IKN

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan mediasi antara PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Timur dengan para pemilik lahan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Berkaitan soal pembebasan lahan dalam pembangunan proyek PLN berupa Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt Kariangau-GIS 4 IKN secara hybrid, Kejati melakukan mediasi antara PLN dengan Pemilik lahan di kawasan tersebut, agar proses pembangunannya berjalan aman dan lancar.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Luas perkebunan Kaltim bertambah jadi  745 ha

Dinas perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Disbun Kaltim) tahun ini menambah luas perkebunan mencapai 745 hektare (ha) terdiri dari perkebunan kelapa sawit, kelapa dalam, kakao, dan lainnya, sehingga penambahan luas ini diharapkan mampu meningkatkan produksi.

Rincian dari perluasan komoditas perkebunan yang sebesar 745 ha itu adalah untuk perkebunan kelapa sawit yang merupakan unggulan perkebunan di Kaltim, dilakukan penambahan luas tanam sebesar 200 ha.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Siap jadi tuan rumah FHBN 2023

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Harmoni Budaya Nusantara (FHBN) Tahun 2023, yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mengungkapkan upaya persiapan menggelar kegiatan nasional tersebut dilaksanakan dengan meluncurkan Calender of Event (CoE) tahun 2023, berupa 166 kegiatan yang terbagi dalam seni, budaya, olahraga dan karnaval, selain itu ada sepuluh kegiatan unggulan.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Bantuan parpol Rp8,1 miliar

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memberikan bantuan keuangan kepada  partai politik (parpol) yang mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kaltim, dengan alokasi tahun 2023 sebesar Rp8.123.695.000, dibagi berdasarkan jumlah perolehan suara.

Berbeda  pada tahun sebelumnya, bantuan keuangan parpol pada 2023 naik dari yang semula Rp1.200 per suara sah menjadi Rp5.000 per suara, sehingga ada kenaikan siginifikan sekitar 400 persen.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Okupansi hotel berbintang 60,71 persen

Tingkat Penghunian/okupansi  Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Februari 2023 menjadi 60,71 persen, atau naik 7,19 persen jika dibandingkan dengan bulan Januari sebelumnya tercatat 53,52 persen.

Dilihat berdasarkan klasifikasi hotel berbintang, maka pada Februari 2023 hotel bintang lima  mencatat TPK tertinggi mencapai 75,19 persen, kemudian TPK terendah terjadi pada hotel bintang satu hanya 32,43 persen.

Selengkapnya silahkan diklik.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023