Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Minggu (26/3), mulai dari Basarnas Samarinda akhirnya berhasil  menemukan jasad  seorang bocah yang tenggelam saat berenang di Sungai Mahakam, hingga data yang mengungkapkan wilayah Kaltim mengalami bencana banjir sebanyak 631 kali sepanjang tahun 2018-2022.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Penemuan bocah tenggelam di Sungai Mahakam

Basarnas Samarinda akhirnya menemukan jasad bocah bernama Risky (12) pada Minggu siang, sekitar pukul 14.15 WITA yang tenggelam di Sungai Mahakam pada Jumat lalu, dengan rentang jarak sejauh 850 meter dari titik Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Setelah ditemukan, jasad Risky lantas dibawa menggunakan mobil ambulan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie, guna dilakukan evakuasi lebih lanjut, sebelum dibawa pulang ke rumah keluarga. Korban adalah warga Jalan Manunggal RT 19 Kelurahan Mangkupalas, Kecamatan Samarinda Seberang, kota Samarinda.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Alokasi Rp3,7 miliar untuk stunting

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,7 miliar untuk percepatan kasus gizi buruk atau stunting di daerah itu pada tahun anggaran 2023.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan semua Organisasi Perangkat Daerah diharapkan bisa memenuhi capaian target kinerja dalam berbagai bidang dan tidak terkecuali terkait penanganan stunting di daerah.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Fasilitas pendukung ASN siap tahun 2024

Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Ahmad Jaka Santos Adiwijaya menyatakan fasilitas pendukung bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pertama di IKN seperti sekolah, rumah sakit, pasar, dan lainnya disiapkan 2024, sebelum mereka pindah ke IKN.

Untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup seperti pasar, sekolah, rumah sakit dan lain-lain sudah direncanakan sejak awal dan pasti siap seiring dengan perpindahan ASN tahun 2024. Seiring dengan persiapan ini, maka pemerintah terus menggenjot pembangunan sejumlah fasilitas untuk kenyamanan ASN yang pindah ke IKN seperti sarana olahraga, lahan hijau, apartemen, danau, dan lainnya.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Persiapan pasar murah jelang lebaran

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menjadwalkan kegiatan pasar murah dalam rangka membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan bahan makanan pokok dengan harga terjangkau saat Ramadan dan persiapan menjelang Lebaran.

Kegiatan  pasar murah tersebut rencananya dilaksanakan di dua wilayah, yakni Kota Samarinda dan sejumlah wilayah di Kabupaten Kutai Kartanegara. Total ada 12 lokasi pasar murah yang kami siapkan, mudah- mudahan kegiatan ini bisa membantu masyarakat, karena barang pokok tersebut dijual dengan harga murah.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. 631 kali bencana banjir

Provinsi Kalimantan Timur mengalami bencana banjir sebanyak 631 kali sepanjang tahun 2018-2022, sehingga instansi terkait bekerja sama dengan kabupaten/kota melakukan berbagai bentuk mitigasi untuk mengurangi risiko daya rusak air.

Sedangkan sejumlah langkah mitigasi yang dilakukan antara lain kegiatan yang bersifat meringankan penderitaan, misalnya penyediaan fasilitas pengungsian, penambalan darurat tanggul yang jebol, pemberian bantuan, dan lainnya.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023