Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Jumat (24/3), mulai dari pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Kaltim tahun 2024 dianggarkan sebesar Rp435 miliar, hingga Pemerintah Kaltim mengajak warga pekebun sawit di Paser untuk membentuk korporasi produksi minyak goreng.

Beginilah rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Anggaran pilkada 2024 sebesar Rp435 miliar

Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membutuhkan anggaran sebesar Rp435 miliar, meliputi kebutuhan operasional panitia penyelenggara, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim, Sri Wahyuni saat memimpin rapat pembahasan pendanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota tahun 2024, di Samarinda, Jumat mengatakan usulan kebutuhan anggaran tersebut berasal dari KPU Kaltim sekitar Rp300,9 miliar dan Bawaslu Kaltim sekitar Rp134 miliar.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Hujan petir pada Sabtu-Minggu

Sembilan kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang pada Sabtu-Minggu (25-26/3), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat. Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kota Bontang yang diprakirakan tidak mengalami peristiwa tersebut, namun kota yang hanya memiliki tiga kecamatan ini akan mengalami hujan ringan dalam jam tertentu sepanjang Sabtu-Minggu.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Kajati-DPRD Kaltim perkuat koordinasi

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kalimantan Timur Hari Setiyono melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim  Hasanuddin Mas’ud guna memperkuat koordinasi dan sinergi kedua lembaga tersebut.

Pada  pertemuan tersebut tentunya yang dibahas terkait  apa yang sudah dilakukan pendahulunya, dimana pihak Kejati akan melanjutkan dan meningkatkan koordinasi dengan pihak DPRD dalam rangka membangun dan memajukan Kaltim.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Upaya kamtibmas selama Ramadhan

Polresta Samarinda terus berupaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama Ramadhan dan mengimbau kepada warga untuk tetap kondusif agar umat Islam dapat menjalankan ibadah dengan tenang di bulan puasa.

masyarakat mesti menghindari hal-hal yang bisa mengganggu warga lain yang sedang beribadah, seperti menyalakan petasan, dan juga dilarang menggunakan kendaraan roda empat bak terbuka yang membunyikan sound system keras dan musik yang tidak sepatutnya dengan alasan membangunkan sahur, termasuk aksi balapan liar.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Kaltim rancang bentuk korporasi minyak goreng di Paser

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Disbun Kaltim) mengajak pekebun kelapa sawit di Kabupaten Paser bersatu dan membentuk korporasi petani untuk memproduksi minyak goreng, karena bahan baku cukup melimpah.

Korporasi petani merupakan kelembagaan ekonomi para petani yang memiliki badan hukum baik koperasi atau badan hukum bentuk lainnya dengan sebagian besar modal dimiliki petani yang bersepakat dan diikat oleh perjanjian. Saat ini, memang sudah ada dua pabrik minyak goreng di Kaltim, yakni satu di Balikpapan dan satu di Bontang, jumlah ini masih kurang sehingga kami mengajak pekebun di Paser untuk membentuk korporasi petani.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023