Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam)  VI/Mulawarman Mayor Jenderal Tri Budi Utomo menyatakan siap untuk mengawal Pemilu 2024 agar terselenggara dengan tertib, aman dan damai, dengan maksud agar terciptanya pesta demokrasi yang lancar dan masyarakat dapat memilih calon pemimpin terbaik.

“Kami harapkan Pemilu serentak tahun depan bisa berjalan tertib aman dan damai, serta selalu mendukung kegiatan kepemiluan, apa yang perlu dikawal oleh jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) seperti yang dilakukan bersama Kapolda, salah satunya soal pendistribusian logistik KPU, kami siap berjalan beriringan,” ucap Mayjen Tri Budi Utomo di Samarinda, Selasa.

Ia menyampaikan, Pemilu Ini merupakan suatu momen bagi rakyat Indonesia dalam rangka menentukan siapa wakilnya yang duduk di bagian penting di negeri dan daerah ini, sehingga untuk mengambil keputusan yang terbaik, tentu harus didukung suasana yang tertib dan damai.

Lanjutnya, menghimbau kepada semua pihak yang terlibat dalam pesta demokrasi tersebut, agar mengutamakan sikap toleransi, saling menghargai,  walaupun berbeda pilihan, semua hal harus disikapi dengan bijak dan pastinya jangan mudah untuk terprovokasi hanya karena berbeda pilihan.

“Jangan mudah terprovokasi dengan konten-konten yang memecah belah masyarakat, hindari hal hal yang bersifat suku, agama, dan ras (Sara),” ungkap Tri Budi yang membawahi  Kewilayahan Pertahanan meliputi provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Ia mengemukakan agar masyarakat  tetap waspada terhadap ancaman tindakan yang menuju anarkis, terlebih  tidak sedikit konten media sosial saat ini yang memberikan materi negatif  yang memburukkan pasangan calon politik.

Masyarakat mesti cermat dan pandai dalam menarik informasi yang tersebar di media-media sosial, sebab Pemilu ini merupakan suatu pembelajaran untuk saling menghargai dan membentuk sebuah komitmen bersama.

“Kalau semua berjalan kondusif dan masyarakat juga punya sikap yang bijak dalam menanggapi konten konten negatif yang tidak jelas sumber informasinya, maka hasil akhirnya nanti akan indah pada masanya, tugas kami adalah menjaga zona aman, tertib, dan bebas dari radikal,” papar Tri Budi.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023