Beberapa  informasi  seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita Antara pada Rabu  (8/3), mulai dari Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Kalimantan Timur menurunkan empat kapal untuk menjaga angkutan material pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,  hingga TNI Angkatan Laut (AL) berikan rasa aman pengangkut material tersebut.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Empat kapal patroli jaga perairan IKN

Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Kalimantan Timur menurunkan empat kapal untuk berpatroli di perairan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Teluk Balikpapan.

Keempat kapal tersebut berupa kapal patroli cepat dan sesuai namanya, dapat dengan cepat bergerak di perairan. Untuk kelancaran pembangunan IKN, saat ini sudah difungsikan sebelas pelabuhan, yang artinya lalu lintas kapal di Teluk semakin ramai.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Perusahaan di Berau seharusnya bantu angkutan sekolah

Wakil Bupati Kabupaten Berau, Gamalis  mengimbau  kepada  perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kampung Kasai, Kecamatan Pulau Derawan  untuk memberikan kontribusi yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat berupa alat transportasi angkutan khusus anak sekolah, dan mobil ambulan.

Hal itu Karena jarak antara sekolah dengan rumah para siswa  sekitar dua kilometer, sementara aturan  anak sekolah  di bawah umur dilarang membawa sepeda motor sendiri karena belum memiliki SIM. Oleh karena itu mesti ada kontribusi pihak perusahaan terhadap dunia pendidikan di Berau.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Perusahaan di Kaltim didorong tingkatkan kelola lingkungan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mendorong perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat untuk terus meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Gubernur Provinsi Kaltim, Isran Noor mengatakan meski saat ini jumlah perusahaan penerima Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) mengalami penurunan secara nasional, Provinsi Kaltim masih menjadi yang terbaik untuk peraih emas dan hijau di luar Pulau Jawa.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Produksi lumpur Pertamina Balikpapan jadi 140 ribu barel

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menginformasikan terdeteksi ada 16 titik panas di empat kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sehingga semua pihak diminta waspada mengingat dalam beberapa pekan terakhir kerap terjadi peristiwa tersebut.

Empat daerah yang terdeteksi 16 titik panas itu adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Berau, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Kutai Timur. Sebaran 16 titik panas itu adalah di Balikpapan ada 1 titik, Kabupaten Berau 1 titik, Kutai Kartanegara ada 5 titik, dan Kabupaten Kutai Timur terdeteksi 9 titik panas

Selengkapnya silahkan diklik.

5. TNI AL jaga perairan IKN

Pos Pantau TNI Angkatan Laut (AL) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, terus memberikan rasa aman bagi kapal pengangkut material untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang saat ini makin padat.

Sejumlah material yang kerap diangkut antara lain batu koral, tiang pancang, pipa besi maupun non-besi, logistik, dan sejumlah material lain, namun yang paling sering adalah batu koral dari Palu.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023