Keberadaan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kecamatan Sepaku mendorong tumbuhnya UMKM (usaha mikro kecil menengah) di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

"UMKM mulai tumbuh sejak ditetapkan sebagai IKN Nusantara," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara, Muhammad Sukadi Kuncoro, di Penajam, Kamis.

Keberadaan IKN Indonesia baru bernama Nusantara, mulai menumbuhkan UMKM di Kabupaten Penajam Paser Utara, khususnya di wilayah Kecamatan Sepaku.

Terdata di wilayah Kecamatan Sepaku, menurut dia, pertumbuhan UMKM sekitar 30 persen apalagi wilayah itu menjadi pusat pembangunan IKN Nusantara.

UMKM di kawasan IKN Indonesia baru, kata dia, diperkirakan akan tumbuh pesat seiring dengan mulai banyaknya pembangunan infrastruktur IKN Nusantara.

"Di wilayah Kecamatan Sepaku mulai terlihat banyak tumbuh warung makan, juga toko dan penginapan," tambah dia.

Pemerintah pusat bakal mendatangkan sekitar 16.000 tenaga kerja pembangunan infrastruktur IKN Indonesia baru di wilayah Kecamatan Sepaku, yang dapat berdampak terhadap perekonomian UMKM.

Para pekerja tersebut tentunya butuh makan minum dan kebutuhan lainnya, jelas Muhammad Sukadi Kuncoro, yang membuka peluang usaha bagi masyarakat.

Begitu pula dengan intensitas kunjungan yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Sepaku, secara perlahan bermunculan penginapan berupa bangunan rumah milik warga karena di lokasi IKN Nusantara belum ada hotel.(ADV)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023