Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Paser mengoptimalkan pengawasan terhadap para pedagang kaki lima (PKL) di sejumlah lokasi di Kota Tanah Grogot, terutama di setiap akhir pekan pada Sabtu dan Minggu. 

“Kami sudah siagakan personel mulai hari Jumat siang sampai Minggu untuk melakukan patroli pengawasan  di sejumlah lokasi,” kata Kepala Satpol PP  Kabupaten Paser, M. Guntur, di Tanah Grogot, Rabu. 

Ia menyebutkan, kebiasaan pedagang kerap memanfaatkan kelengahan pengawasan  petugas terutama di akhir pekan atau hari libur.

Guntur mengatakan, sebelumnya  anggota Satpol PP  telah melakukan penertiban ke sejumlah tempat seperti arena promosi Putri Petung atau eks arena MTQ.  Di lokasi itu dilakukan menertibkan  sebanyak 46 PKL. 

“Kami  tertibkan agar PKL di arena Putri Petung  tetap bersih dan tertata rapi,” kata Guntur.

Selain itu juga pihaknya juga menertibkan PKL di Kawasan Siring Kandilo yang sudah ditetapkan sebagai kawasan bersih dari  PKL. Hal itu sesuai harapan Bupati Paser  agar lokasi Siring Kandilo bersih l dari  pedagang.

"Oleh karena itu Satpol PP melakukan penataan agar tidak ada yang mangkal di sana,” katanya. 

Lanjut Guntur, secara bertahap Satpol PP Paser akan menertibkan PKL di sepanjang Kawasan Jalan Yos Sudarso, mulai di depan Masjid Agung Nurul Fallah hingga Pasar Induk Penyembolum Senaken. 

“Kami akan arahkan para pedagang untuk  berjualan di eks arena MTQ,” ucapnya.

Guntur menambahkan, selain di kawasan Jalan Yos Sudarso,  juga dilakukan penertiban di sepanjang Jalan Kandilo Bahari agar kawasan tersebut bersih dan rapi  dan tercipta ketertiban umum. 

Dikemukakannya, penertiban PKL terus dilakukan termasuk mereka berjualan di Jalan Kandilo Bahari, sambil menunggu lokasi wisata kuliner terpadu untuk para PKL. 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023