Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Paser telah menjadwalkan kejuaraan renang 'Bupati Paser Open'  pada 25-26 Februari  2023 yang diikuti  perkumpulan renang se-Kalimantan dan Sulawesi.

"Turnamen terbuka bagi perenang mulai usia 8 - 29 tahun baik kategori tunggal maupun estafet, " kata ketua panitia Kejuaraan Renang Bupati Paser Open, Abdhy Permana, di Tanah Grogot, Selasa.

Ia menjelaskan, kejuaraan atau turnamen memperebutkan piala Bupati Paser tersebut  dibagi dalam beberapa kelompok yakni kelompok nomor yang diperlombakan diantaranya gaya bebas 50 – 8000 meter ( putra dan putri), gaya punggung 50 – 200 (putra-putri), gaya kupu kupu 50 – 200 meter (putra-putri), gaya dada 50 – 200 meter (putra-putri), dan gaya ganti perorangan 200 - 400 meter (putra-putri).

Abdhy menuturkan, turnamen tersebut dipusatkan di arena kolam renang Awa Selangui Tana Paser  yang merupakan bagian dari desain besar olahraga nasional atau DBON.

Dia menjelaskan, turnamen tersebut digelar untuk mencari dan menjaring atlet-atlet renang berprestasi dari berbagai daerah. Panitia akan memberlakukan persyaratan atau seleksi yang cukup ketat yakni masing masing klub wajib membawa akta kelahiran asli atau Kartu keluarga untuk verifikasi keabsahan data atlet.

"Apabila ditemukan peserta yang memalsukan umur maka yang bersangkutan akan didiskualifikasi. Jika atlet tersebut meraih juara maka juaranya akan diberikan kepada peringkat  di bawahnya," katanya.

Lanjut  Abdhy dalam  pelaksanaannya panitia mewajibkan semua atlet dan official pendamping menjalankan ketentuan protokol kesehatan. Panitia juga tidak menyediakan akomodasi bagi para atlet.

"Biaya makan, transportasi dan penginapan dibebankan kepada masing-masing perkumpulan," katanya.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023