Sejumlah peristiwa seputar Kalimantan Timur (Kaltim) diwartakan Kantor Berita Antara pada Senin (20/2), mulai pembukaan sesi pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) 2023 dengan alokasi anggaran Rp375 miliar, hingga aksi warga Kecamatan Sanga-Sanga Dalam Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menolak perpanjangan IUP CV Sanga Sanga Perkasa (SSP)  yang aktivitasnya menimbulkan dampak banjir longsor di wilayah tersebut.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1.  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) resmi membuka pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas  tahun 2023, dengan total anggaran yang digelontorkan sebanyak Rp375 miliar).

Pendaftaran  Beasiswa Kaltim Tuntas tahun 2023, kategori mahasiswa telah dibuka hari ini tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan 31 Maret 2023. Sedangkan untuk kategori siswa pembukaan pendaftaran dimulai 1 Maret 2023 sampai dengan 7 April 2023.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Satu perusahaan di Kalimantan Timur yakni PT Petrosea menerima Penghargaan Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tingkat ASEAN atau ASEAN OSHNET Excelllence Award 2023.

Penghargaan internasional tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat peringatan Bulan K3 tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Polresta Balikpapan, Kalimantan Timur,  menerima 5-10 pengaduan penipuan dalam sehari pada awal 2023 ini yang sebagian berupa penipuan daring dengan melibatkan transaksi elektronik.

Modus  lama yang masih digunakan pelaku dengan cara berpura-pura seolah barang yang dibeli secara daring tersendat pengirimannya, sehingga calon korban diminta untuk membayarkan sejumlah uang. Namun setelah uang dikirim, penjual menghilang dan tidak bisa dihubungi lagi.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menyatakan pembangunan IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) terbukti mampu mendongkrak produksi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) setempat, sehingga pendapatan mereka turut meningkat.

Sementara itu, Kasno (50), salah seorang pelaku UMKM penjual mi ayam dan bakso dengan merk "Mie Ayam Bakso Solo Lek No", mengaku bersyukur dengan keputusan Presiden Joko Widodo yang memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan, sehingga hal ini berdampak pada kenaikan omset pada dagangannya.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun  menanggapi aksi penolakan warga atas perpanjangan Izin Usaha Pertambangan (IUP) CV Sanga-Sanga Perkasa yang berdampak pada banjir lumpur di Kecamatan Sanga-Sanga Dalam Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Sementara Sekretaris RT 24 di Kecamatan Sanga Sanga Dalam, Dasi  membenarkan bahwa di wilayahnya memang kerap dilanda banjir lumpur. Kalau dirunut bencana  tersebut datang sejak kehadiran CV Sanga Sanga Perkasa (SSP) kurang lebih sekitar 10 tahun terakhir karena melakukan aktivitas pertambangan.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023