Beberapa informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) diwartakan pada Kamis (16/2), mulai dari 200 kilogram boga bahari atau hidangan yang berasal dari laut disajikan bagi pengunjung Festival Seafood di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, hingga Mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga PPU Alimuddin menduduki jabatan Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Sedikitnya 200 kilogram boga bahari atau hidangan yang berasal dari laut disajikan bagi pengunjung Festival Seafood di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur yang digelar 15 hingga 19 Februari 2023, digelar untuk yang ketiga kalinya.

Festival Seafood sebagai rasa syukur apa yang telah diberikan kepada masyarakat Desa Babulu Laut baik hasil laut dan tani, serta usaha produksi, juga untuk mengenang para leluhur Desa Babulu Laut yang telah bersusah payah membangun desa.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menanggapi hasil kesepakatan Kemenag dengan DPR RI Komisi VIII terhadap total Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2023 sebesar Rp90 juta, hal itu mengalami penurunan Rp8 juta dibanding tahun 2022 sebesar Rp98 juta, dengan ongkos haji yang ditanggung per jemaah senilai Rp49,8 juta..

Untuk  wilayah Kaltim  yang sudah melunasi BPIH pada 2020 yang jumlahnya cukup banyak, yaitu berjumlah 1.199 jemaah yang akan diberangkatkan tahun 2023,  tidak lagi dibebankan tambahan biaya pelunasan, sebagai  bentuk afirmasi.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Puluhan warga dari empat desa di Kecamatan Pasir Belengkong menggelar aksi unjukrasa di depan Kantor Bupati Paser menuntut  penutupan tiga tambang pasir ilegal yang beroperasi di daerah aliran Sungai Kandilo.

Dalam pertemuan tersebut pemerintah daerah  berjanji akan menindaklanjuti tuntutan pengunjukrasa. Mereka memberikan tenggang waktu 20 hari  kepada pemerintah daerah untuk bertindak, jika tidak memenuhi tuntutan mereka  mengancam akan kembali turun melakukan aksi unjukrasa di Polda Kaltim.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Pemerintah pusat menyiapkan anggaran sebesar Rp2 miliar untuk melakukan perbaikan atau rehabilitasi rumah tidak layak huni di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan anggaran sekitar Rp2 miliar, maka  sebanyak 100 rumah tidak layak huni yang tersebar di empat kelurahan dan desa di Kabupaten Penajam Paser Utara akan direhabilitasi, sekitar 100 rumah tidak layak huni yang akan diperbaiki tersebut, masing-masing di Kelurahan Gunung Seteleng sebanyak 25 unit rumah, Sotek 25 unit, Maridan 25 unit, dan di Desa Telemow sebanyak 25 unit rumah.
.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga PPU Alimuddin menduduki jabatan Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia diangkat menjadi Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 21/TPA Tahun 2023 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara tertanggal 13 Februari 2023.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023