Sejumlah berita seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan pada Jumat (10/2), mulai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dalam menekan inflasi di daerah hingga mencapai 4,90 persen, hingga Wakil Ketua DPRD Provinsi Muhammad Samsun mendorong petani lokal  untuk meningkatkan kualitas hasil produk tanaman pangan.

Berikut rangkuman berita seputar Kaltim yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Pemprov Kaltim  mendapatkan apresiasi dari Mendagri RI  Tito Karnavian karena telah mampu menekan inflasi di daerah hingga mencapai 4,90 persen, serta  menjadi contoh bagi provinsi lain, sehingga turut mampu menurunkan inflasi di masing-masing daerah.

Apresiasi  tersebut disampaikan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dipimpin Mendagri RI Jenderal Pol Purn Tito Karnavian secara virtual, dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Kaltim HM Syirajudin.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan belum bisa memastikan menyangkut kompensasi anggaran khusus bagi daerah asal Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia baru bernama Nusantara.

Moeldoko bertemu tokoh adat di lokasi IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, membicarakan tuntutan kompensasi anggaran khusus dan kompensasi aset tanah serta bangunan di wilayah asal IKN, dan kesimpulan akan dibicarakan lebih lanjut antara pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Provinsi Kalimantan Timur menargetkan kursi Ketua Dewan dengan berupaya meraih suara terbanyak pada pemilihan legislatif tahun 2024, dengan upaya memaksimalkan kerja para kader yang solid.

Ada pun strategi  PDIP  dalam memenangkan Pemilu tentunya harus senantiasa terjun langsung ke masyarakat,  harus menyatukan ikatan emosional dengan para  konstituen, dan pastinya semua bermuara pada peningkatan kepercayaan masyarakat kepada partai..

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) se- Kalimantan melakukan inisiasi pembangunan ekonomi hijau, seperti pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan, untuk mencapai pembangunan berkelanjutan sekaligus menyejahterakan masyarakat.

Kepala KPw BI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ricky Perdana Gojali menjelaskan  bahwa inisiasi pembangunan green economy (ekonomi hijau) ini dikemas dalam bentuk kuliah umum yang melibatkan sejumlah akademisi, bahkan ada pemateri ahli dari luar negeri.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun menyatakan para petani yang ada di provinsi ini mesti didorong untuk berupaya meningkatkan kualitas hasil pertanian pangan, sehingga produk beras yang dijual di pasaran tidak kalah dengan merek dari luar daerah.

Sudah saatnya sektor pertanian Kaltim bertransformasi menuju pertanian berbasis teknologi, dengan menggarap lahan secara moderen mengoptimalkan alat mesin pertanian, pemupukan yang efisien dan juga tenaga tani yang terampil.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023