Sejumlah berita seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan pada Rabu (8/2), mulai struktur ekonomi regional Pulau Kalimantan pada 2022 didominasi oleh Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hingga kasus kriminal di mana Polresta Samarinda mengamankan pelaku yang tega mencabuli anak tiri yang masih duduk di kelas IV SD hingga hamil dan melahirkan.

Berikut rangkuman berita seputar Kaltim yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Struktur ekonomi regional Pulau Kalimantan pada 2022 didominasi oleh Provinsi Kaltim,  yakni memberikan peranan sebesar 52,14 persen dengan Kemudian diikuti Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebesar 14,22 persen, Kalimantan Tengah (Kalteng) sebesar 11,32 persen, dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memberikan andil sebesar 7,85 persen.

Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kaltim atas dasar harga berlaku sebesar Rp921,33 triliun, dengan sektor pertambangan dan penggalian menyumbang pendapatan tertinggi senilai Rp235,94 triliun, atau 53,24 persen, diikuti industri pengolahan sebesar  15,05 persen dan  sektor konstruksi di posisi ketiga yang berkontribusi 7,7 persen atas PDRB.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Bank Indonesia Perwakilan Kaltim  menyebutkan proyek fisik di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, berkorelasi terhadap bertumbuhnya investasi di Kaltim, dengan kinerja investasi Kaltim triwulan IV 2022 tercatat tumbuh sebesar 8,32 persen, lebih tinggi ketimbang triwulan sebelumnya yang tumbuh 5,90 persen.

Perkiraan perekonomian triwulan I-2023 Kaltim masih akan tumbuh positif, meski sedikit melambat ketimbang triwulan IV 2022, faktornya dipengaruhi mulai dari cuaca yang kurang mendukung, hingga serapan anggaran pemerintah yang belum lancar di awal tahun.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Usai pensiun dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Berau, M Gazali lantas bergabung mengikuti kontestasi politik di Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dengan menyatakan  siap maju pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Bergabung nya mantan Sekda Berau tersebut ke PKS, disambut baik oleh seluruh Kader PKS. Terutama, Ketua DPD PKS Berau, Sumadi.

Selengkapnya, silahkan diklik.

4. Direktur Utama Perusahaan Daerah (Perusda) PT Migas Mandiri Pratama Kalimantan Timur (MMPKT) Edy Kurniawan menanggapi kasus korupsi menyeret dua mantan direktur pada Perusda  yang dipimpinnya, saat ini ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim.

Ada  pun kegiatan bisnis yang dilakukan pemeriksaan  dan fokus penyelidikan pada Kejati Kaltim tersebut bukan kegiatan bisnis yang berjalan, melainkan bisnis yang dilakukan pada masa periode tersangka, dengan realisasi investasi yang sampai saat ini tidak fungsional, bahkan di antaranya fiktif.

Selengkapnya, silahkan diklik.


5. Seorang pelaku nekat mencabuli  anak tirinya yang  masih duduk kelas IV Sekolah Dasar (SD) dengan pelecehan sebanyak tiga kali di waktu yang berbeda, hingga ibu korban mengetahui gelagat amoral sang suami dan akhirnya melaporkannya ke Polresta Samarinda.

Pelaku  yang berinisial MR (30) lalu diamankan ke Polresta Samarinda setelah sempat kabur  dan tertangkap di Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Jumat (3/2), yang saat itu sedang menjadi pekerja di salah satu perkebunan.

Selengkapnya, silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023