Sebanyak enam kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Sabtu-Minggu (4-5/2), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.


"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain bisa berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor,," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Jumat. 

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Adapun enam kabupaten tersebut adalah di Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu,  Berau dan Kabupaten Penajam Paser Utara.. 

Di Kutai Barat pada Sabtu sekitar pukul 20.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi pada empat kecamatan, yakni Melak, Barong Tongkok, Nyuatan, dan Sekolaq Darat, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan. 

Pada Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi pada 12 kecamatan, yakni Sendawar, Bentian Besar, Damai, Long Iram, Melak, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Nyuatan, Sekolaq Darat, Siluq Ngurai, dan Tering. 

Pada Minggu pagi sekitar pukul 05.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan. 

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Sabtu sekitar pukul 23.00 hingga Minggu dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi di hampir semua kecamatan, kemudian Minggu pukul 05.00 Wita hujan petir di kecamatan Muara Badak, Sebulu, Kembang Janggut, Kota Bangun, Marang Kayu, dan Muara Kaman. 

Kabupaten Kutai Timur pada Sabtu sekitar pukul 14.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi pada dua kecamatan, yakni Kaliorang dan Kaubun, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan, kemudian pada Minggu sekitar pukul 05.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Muara Ancalong. 

Kabupaten Mahakam Ulu pada Sabtu sekitar pukul 23.00 hingga Minggu pukul 05.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Bagun, Laham, dan Long Hubung, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan. 

"Hujan petir di Kabupaten Berau pada Sabtu sekitar pukul 11.00 Wita diprakirakan terjadi di Kecamatan Pulau Derawan, di Kabupaten Penajam Paser Utara diprakirakan terjadi pada Minggu sekitar pukul 02.00 Wita," kata Heni.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023