Polda Sumatera Utara penyumbang predikat kepatuhan tinggi di institusi Polri secara nasional berdasarkan survei kepatuhan Ombudsman Republik Indonesia.

"Polda Sumatera Utara sudah menyumbang nilai baik terhadap Polri secara nasional dengan predikat zona hijau berdasarkan survei kepatuhan pelayanan publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009," kata Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Abyadi Siregar, di Medan, Kamis.

Ia menyebutkan nilai Polda Sumatera Utara (Sumut) itu 7,9 secara nasional.

"Jadi, angka penilaiannya berdasarkan nilai 28 Polres di jajaran Polda Sumatera Utara yang disurvei oleh Ombudsman," ucapnya.

Polda Sumut masuk zona hijau berdasarkan survei kepatuhan pelayanan publik tahun 2022.

"Nilai 28 Polres itu dijadikan satu lalu itulah menjadi nilai Polda Sumut 7,9," kata Siregar.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Utara Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak dalam sambutannya pada acara penganugerahan hasil survei kepatuhan Ombudsman Republik Indonesia tersebut mengatakan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat merupakan suatu keharusan bagi penyelenggara layanan.

Apalagi, kata Panca saat ini zaman telah berubah. "Zaman sudah berubah. Ayo. Kita harus terus membangun dan memberi pelayanan yang baik sesuai dengan tugas kita masing-masing. Ini merupakan kewajiban kita memberi pelayanan publik yang baik," ucapnya.

Kapolda mengatakan selaku penyelenggara layanan publik, harus mau memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada masyarakat.

"Kita harus mau. Anda tidak tahu bahwa ini adalah kewajiban kita untuk memberi pelayanan publik kepada masyarakat," katanya.

Panca juga mewanti-wanti jajarannya jika tidak memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

"Ini sangat penting. Memberi pelayanan prima kepada masyarakat. Maka, hari ini saya undang para Kapolres hadir ke Ombudsman. Harapannya, para pimpinan ini bisa mentransformasikan atau menyampaikan bagaimana pelayanan publik yang semestinya ke jajaran di bawahnya. Ini kewajiban kita," jelasnya.

Panca mengaku senang karena jumlah Polres di jajarannya yang meraih zona hijau meningkat dibandingkan hasil survei Ombudsman sebelumnya.

"Saya senang. jumlah Polres yang meraih zona hijau naik dibanding survei sebelumnya," kata Kapolda Sumut.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023