Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda  melantik sebanyak 50 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk 10 Kecamatan, diikuti pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Ketua KPU Kota Samarinda, Firman Hidayat, Rabu.

"Kami hari ini melantik 50 anggota PPK, dimana mereka bakal menjadi penyelenggara Pemilu di Kecamatan. Untuk masing-masing kecamatan ada 5 orang anggota PPK," ujar Firman Hidayat.

Ia berpesan, agar  seluruh anggota PPK yang baru saja dilantik untuk berpegang teguh pada fakta integritas yang telah ditandatangani dan sumpah yang sudah diikrarkan.

Ia juga meminta agar PPK menjaga nama baik  institusi KPU dengan tidak tergoda  untuk menerima gratifikasi dalam bentuk apa pun, karena hal tersebut mencoreng KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

"Ini patut dijadikan pelajaran agar peristiwa pelanggaran Pemilu 2019 lalu oleh anggota PPK di Loa Janan Ilir  tidak terulang kembali. Saya berpesan tetaplah untuk bekerja profesional," pinta Firman.

Firman menyebutkan, Pemilu pada 2024 dipastikan Partai Politik (Parpol) yang ikut bertarung lebih banyak dari pemilu 2019, tentu pekerjaan menjadi semakin berat, seiring kemungkinan peserta calon legislatif yang berpartisipasi lebih banyak dari Pemilu sebelumnya.

Lanjutnya, anggota PPK supaya  tetap waspada  dalam bersikap dan mengedepankan prinsip kolektif  dalam mengambil keputusan.

Firman juga mengemukakan, KPU Samarinda melakukan koordinasi dengan KPU RI terkait penyewaan gudang untuk kotak suara  banyaknya sekitar 15 ribu. Kemudian pekerjaan dalam waktu dekat sebanyak 22.333 dukungan DPD yang harus diverifikasi administrasi untuk 23 calon anggota DPD di Kota Samarinda.

“Rumit namun kita harus semangat dengan mengedepankan integritas," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun juga berharap anggota PPK mampu melawan praktik money politik.

"Dalam waktu dekat kami juga akan mempersiapkan langkah Pemkot Samarinda dalam mengawal suksesnya Pemilihan Umum 2024," kata  Andi Harun.

Ia menuturkan  dalam waktu dekat  akan dilakukan rapat dengan camat dan lurah untuk  pemantauan pelaksanaan Pemilu secara jujur dan adil.

Acara  pelantikan anggota PPK tersebut dihadiri  Wali Kota Samarinda Andi Harun, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli, Sekretaris Daerah Kota Samarinda Hero Mardanus, para Camat Se-Kota Samarinda dan sejumlah pejabat lainnya.
 

Pewarta: Fandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023