Pergerakan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur menjelang perayaan Tahun Baru 2023 terus melandai dan tercatat satu wilayah dalam status zona hijau COVID-19, yakni Kabupaten Kutai Timur.

Sementara, sembilan wilayah Kaltim lainnya dalam status zona kuning dan beberapa di antaranya berpotensi menuju zero kasus, yakni Mahakam Ulu dan Bontang yang hanya menyisakan satu pasien positif dirawat.

"Jumlah keseluruhan pasien positif COVID-19 di Kaltim saat ini hanya tersisa 78 orang," kata Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Senin.

Andi menjelaskan pasien positif dirawat terbanyak berada di Penajam Paser Utara dengan jumlah 22 orang.

Disusul Kutai Barat 18 orang, Balikpapan 16 orang, Paser 8 orang, Kutai Kartanegara 7 orang, Berau 3 orang, Samarinda 2 orang, sementara Mahakam Ulu dan Bontang hanya tersisa 1 orang.

Menurut Andi tambahan kasus positif masih terjadi pada update kasus harian per 26 Desember 2022 yakni bertambah enam orang, sedangkan kasus sembuh dan meninggal dunia tidak terjadi tambahan kasus baru.

"Secara akumulasi jumlah kasus positif COVID-19 di Kaltim berjumlah 214.385 kasus, sementara kasus sembuh 208.509 kasus dan kasus meninggal dunia 5.798 kasus," jelas Andi.

Andi tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan potensi penularan kasus, apalagi menjelang perayaan Tahun Baru dengan banyaknya kegiatan keramaian di masyarakat.

"Secara resmi Pemerintah Pusat juga belum menarik kebijakan terkait COVID-19, oleh sebab itu masyarakat tetap dianjurkan menggunakan masker dalam aktifitas sehari- hari," jelasnya. ***3***

Pewarta: Arumanto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022