Penajam (ANTARA Kaltim) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara menggugurkan 100 pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) karena hingga menjelang pelaksanaan tes yang akan digelar pada 3 November 2013 belum mengambil nomor tes.

Kabid Kepegawaian BKD Penajam Paser Utara Ainie, Jumat mengatakan, dari 6.020 pendaftar yang memasukan berkas, setelah dilakukan verifikasi tersisa 5.900 orang yang berhak bersaing memperebutkan 328 formasi abdi Negara yang tersedia.

"Namun, hingga kini masih ada 100 pelamar belum mengambil nomor tes CPNS. Sebenarnya kami sudah memberi toleransi cukup lama untuk mengambil nomor ujian tetapi sampai batas terakhir, mereka tidak juga mengambil nomer tes sehingga kepesertaan mereka kami anggap gugur,” jelasnya.

Terkait pelaksanaan ujian, lanjut Ainie, panitia sudah melakukan persiapan matang, seperti persiapan lokasi ujian.

Untuk kategori pendidikan (D-4) hingga (S-1) pelaksanaan ujian dilaksanakan di beberapa tempat, masing-masing di gedung paripurna DPRD sebanyak 75 blok, di Islamic Centre 60 blok, di SMA Negeri 1 Penajam ada 17 ruangan, di SD Negeri 026 disiapkan lima ruangan, di SD 002 disiapkan 10 ruangan dan di SD 014 tersedia sembilan ruangan.

“Untuk kualifikasi peserta dengan jenjang pendidikan SMK-(D-III), lokasinya tersebar di stadion sepak bola (14 blok), SD 003 (12 ruangan), SMP Negeri 1 (16 ruangan), SMK Pelita Gama (16 ruangan), SMA Negeri 8 (18 ruangan), SMK Negeri 2 (17 ruangan) serta di SD 001 (15 ruangan),” ujarnya.
 
Selain tempat tambah Ainie, BKD juga sudah membentuk panitia pengawas tes CPNS sebanyak 290 orang, yang akan disebar di masing-masing lokasi pelaksanaan tes.

Sedangkan untuk pengamanan panitia melibatkan unsur kepolisian, Kodim dan Dinas Perhubungan.

Panitia juga lanjut Ainie telah menujuk delapan orang tim pemantau dari Inspektorat dan dua orang dari Bagian Hukum.

"Selain itu, dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Kaltim juga akan datang pada 1 November 2013 untuk membantu memantau," ujarnya.

Saat pelaksanaan ujian nanti, tambahnya, peserta tes CPNS harus hadir di lokasi sebelum pukul 08.00 Wita karena akan diberi pengarahan tentang tata tertib ujian dan penandatanganan absen sebanyak tiga kali.
 
“Untuk lokasi masing-masing peserta, sudah tertera di kartu peserta tes yang diberikan panitia saat pengambilan nomor tes,” kata Ainie. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013